Selasa, 03 Maret 2020

Upaya Menangani Bayi yang Sering Gumoh

Untuk mengatasi gumoh si kecil, tentunya mom harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Alasan yang paling umum gumoh pada baby yakni otot yang ada di saluran pencernaannya (antara kerongkongan dan perut) belum sempurna, dimana pada dasarnya otot-otot saluran pencernaan tersebut longgar dan akan semakin mengecil secara bertahap pada saat baby memasuki usia 6 bulan. 

Lalu apakah ada cara efektif untuk mengatasi gumoh yang berlebihan pada bayi?
1.     Posisikan kepala bayi lebih tegak saat menyusu dan setelahnya
Saat momy memberi baby ASI atau makanan padat, posisikan kepalanya agar lebih tegak. Pertahankan posisi tersebut setidaknya 20-30 menit setelah baby makan agar makanan tidak naik kembali ke kerongkongannya.
2.     Berikan ASI atau makanan secukupnya
Cara lain untuk mencegahnya sering gumoh adalah dengan memberinya ASI, susu formula, atau makanan dengan porsi sedikit, namun sering. Pastikan pula untuk membuat baby sendawa setiap habis menyusu atau di sela waktu menyusui.
3.     Perhatikan ukuran dot yang digunakan
Jika baby menyusu dengan dot, perhatikan kembali ukuran dot yang digunakan. Dot yang terlalu besar menyebabkan susu yang keluar terlalu banyak, sehingga membuat ia mudah tersedak dan gumoh.
4.     Pastikan bayi tidak tidur tengkurap setelah menyusu
Setelah menyusui baby, janganlah langsung menidurkannya. Momy atau Ayah dapat menggendong baby selama kurang lebih 20-30 menit terlebih dahulu.Setelah itu, momy bisa menidurkannya dalam posisi telentang dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi dari badan dan kakinya. Hal ini perlu dilakukan karena bayi tidur tengkurap setelah menyusu atau makan lebih berisiko terkena sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SDIS).

Upaya lain yang juga dapat momy lakukan untuk mengurangi gumoh adalah mengurangi konsumsi susu sapi bagi baby, terutama jika ia dicurigai menderita intolerasi laktosa . Namun, momy tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu guna mendapatkan penanganan yang sesuai
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar