Rabu, 11 Maret 2020

Ini Pentingnya Bayi Disendawakan


Pada dasarnya, sendawa pada bayi adalah hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan sendawa baik bagi bayi untuk mengeluarkan kelebihan gas dari dalam lambungnya.

Saat kita bernapas, udara yang kita hirup mengandung gas-gas, seperti nitrogen dan oksigen. Begitu juga saat makan atau minum, mulut moms tidak hanya memasukkan makanan dan air, melainkan juga gas. Gas yang berlebih di dalam lambung kemudian akan naik ke kerongkongan dan keluar dari mulut sebagai sendawa.
Sendawa merupakan hal yang penting dilakukan pada bayi. Saat bayi minum, gelembung udara di dalam minumannya akan masuk dan mengumpul di dalam lambung. Membuat bayi bersendawa akan mencegah perut bayi terasa kembung. Selain itu, sendawa juga dapat meringankan bayi yang sedang mengalami kolik, gumoh, dan asam lambung berlebih.
Bayi yang mengonsumsi susu dari botol perlu lebih sering bersendawa daripada yang menyusu langsung ke payudara. Hal ini dikarenakan lebih banyak gelembung udara yang terdapat dalam susu botol dibandingkan jika menyusu dari payudara.
Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko ini:
  • Momy dapat memilih botol susu berlabel antikolik yang didesain untuk mengurangi kadar udara yang terdapat di dalam susu dan botol.
  • Pastikan dot pada botol berukuran tepat sesuai dengan mulut bayi.
  • Memosisikan bayi dalam keadaan duduk saat minum dan makan, untuk mengurangi banyaknya udara yang ikut tertelan.
Mom dapat membuatnya bersendawa kapan saja bayi terlihat tidak nyaman atau menangis, terutama setelah makan. Jika bayi menyusu, mom dapat membuatnya bersendawa saat beralih dari satu payudara ke payudara lain. Jika bayi minum dari botol, dapat menepuk lembut punggungnya untuk memicu sendawa setelah dia minum setengah botol atau setelah selesai.
Seiring pertambahan usia, sendawa pada bayi akan terjadi dengan sendirinya tanpa harus dibantu. Umumnya mulai usia 4-6 bulan, bayi sudah dapat menyesap ASI atau susu secara lebih efektif tanpa menelan banyak udara. Pada usia ini, bayi juga dapat bersendawa dengan sendirinya setelah makan.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar