Selasa, 25 Februari 2020

Penyebab Keringat Berlebihan Saat Ibu sedang Hamil


Banyak ibu hamil alias bumil yang mengeluhkan keringat berlebihan. Keringat bisa bercucuran sangat banyak di berbagai bagian tubuh. Seperti di ketiak, area organ intim, paha dan termasuk di sekitar wajah dan leher.
Sebenarnya berkeringat merupakan upaya tubuh untuk mendinginkan suhu badan ketika kita merasa kepanasan. Keringat tersebut dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar keringat kemudian keluar melalui pori-pori kulit. Lalu apa, sih, yang menyebabkan ibu hamil sering berkeringat dan bagaimana menyiasatinya?
Ketika momy berbadan dua, tubuh momy bekerja lebih keras dalam banyak hal, hingga dapat membuat berkeringat lebih banyak. Berikut beberapa penyebabnya lebih lanjut :
Ø  Peningkatan aliran darah dan metabolisme
Volume darah ibu hamil akan meningkat sekitar 40% atau lebih untuk menyesuaikan dengan kebutuhan janin. Terpompanya darah dalam jumlah yang lebih banyak ke seluruh tubuh bumil ini bisa membuat suhu tubuh meningkat. Ditambah lagi, metabolisme bumil juga dalam keadaan bekerja lebih keras.
Ø  Peningkatan berat badan
Rata-rata bumil mengalami peningkatan berat badan sekitar 11-15 kg. Beban ekstra tersebut dapat membuat tubuh berkeringat lebih banyak, sekaligus membuat bumil lebih cepat mengalami dehidrasi.
Ø  Faktor perubahan hormon
Peningkatan hormon disebut-sebut sebagai biang keladi dalam banyak kasus keluhan ketidaknyamanan selama kehamilan, termasuk keringat berlebih.
Ø  Kondisi hipertiroidisme atau infeksi
Kedua kondisi ini bisa membuat bumil mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, walaupun lebih jarang terjadi dibanding faktor-faktor lain di atas. Periksakanlah kepada dokter bila keringatmu benar-benar mengganggu kenyamanan, atau bila diiringi gejala seperti demam, denyut jantung yang cepat, maupun perubahan lain yang mengganggu aktivitas sehari-hari.


Saat produksi keringat momy sedang banyak-banyaknya, jangan lupa untuk selalu minum air putih ya, mom. Jangan anggap remeh masalah keringat ya, mom. Seimbangkan cairan tubuh yang keluar dengan yang momy dapatkan dari minum air putih. Salam sehat, mom. 

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar