Selasa, 25 Februari 2020

Kondisi yang menyebabkan bayi cegukan


Hampir semua orang pernah mengalami cegukan dan memiliki strategi berbeda untuk mengatasinya. Akan lebih mengganggu bila cegukan dialami baby.

Jangan khawatir, cegukan biasanya hanya sedikit mengganggu
baby dan tidak menimbulkan masalah yang ekstrem. Umumnya cegukan terjadi ketika ibu menyusui atau ketika baby terlalu bersemangat.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan bayi cegukan:

a)    Terlalu banyak menyusu.
Kekenyangan bisa memicu otot diafragma mengalami kejang dan mengakibatkan cegukan.

b)    Diafragma belum matang
Baby mengalami cegukan ketika diafragma yang belum matang berkontraksi tiba-tiba dan tidak teratur. Ketika baby tumbuh semakin besar, diafragma beserta otot di perut dan tulang rusuk menjadi lebih sinkron dan kuat, yang secara bertahap menurunkan frekuensi dan keparahan cegukan.

c)    Menelan udara
Kebanyakan baby menghirup udara ketika menyusu, yang bisa memicu cegukan. Cegukan juga bisa disebabkan oleh posisi baby saat disusui dan faktor lain seperti apakah momy sering menyendawakan baby di sela sesi menyusu untuk mengurangi jumlah udara yang tertelan.

d)    GERD (gastrointestinal reflux disease)
Juga dikenal dengan penyakit refluks asam lambung, menjadi penyebab lain cegukan pada baby. Refluks asam lambung cukup umum terjadi pada baby.

e)    Penurunan suhu
Cegukan bisa terjadi bila suhu tubuh menurun drastis. Karena baby yang baru lahir belum bisa menjaga suhu tubuhnya, perubahan signifikan pada lingkungan bisa mempengaruhi suhu tubuh mereka. Karenanya momy disarankan untuk menjaga baby tetap hangat dan nyaman.

f)     Pola makan ibu
Cegukan sering dipengaruhi oleh pola makan momy. Apapun yang dimakan atau diminum momy, nutrisi yang dikonsumsi mengalir ke baby melalui ASI. Baby lebih mungkin mengalami cegukan bila momy mengkonsumsi telur, kafein, buah jeruk, coklat, dan produk kedelai sebelum menyusui baby. Sebagai solusinya, hindari makanan yang menyebabkan cegukan pada baby setidaknya satu jam sebelum menyusui.


Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar