Jumat, 21 Februari 2020

Tanda - tanda Kurang Cairan Untuk Ibu menyusui


Memilih untuk menyusui si kecil secara eksklusif berarti momy  sadar betul menjaga kualitas ASI. Selain mengonsumsi makanan bernutrisi, momy  juga harus selalu terhidrasi.
Hasil gambar untuk ibu dehidrasi
ASI mengandung sekitar 90 persen air. Meski penelitian telah menemukan bahwa ibu menyusui tak perlu minum banyak cairan, tapi air dibutuhkan untuk menghilangkan rasa haus. Para ahli merekomendasikan sekitar 128 ons atau 3,7 liter per hari untuk ibu menyusui.

Kekurangan cairan bisa menyebabkan ibu menyusui dehidrasi. berikut 5 tanda yang harus diwaspadai jika momy  kurang cairan saat sedang menyusui:
a)     Rasa haus meningkat
Tanda yang paling terlihat dan perlu diperhatikan adalah kehausan. Jika momy merasa haus, artinya sudah pasti kurang minum.
"Banyak wanita merasa haus setiap kali menyusui. Artinya, tubuh butuh dorongan untuk mengisi kembali cairan," kata konsultan laktasi Kristin Gourley.
Para moms harus berusaha bersikap proaktif dengan minum segelas air sebelum menyusui. Momy bisa mengisi beberapa botol air pada satu waktu untuk disiapkan dan mempermudah diminum sebelum atau saat menyusui.

b)     Bibir dan mulut kering
Sering dikatakan bahwa minum air yang cukup adalah kunci agar kulit glowing. Ternyata, minum air juga bisa membuat bibir sehat loh, mom. "Ibu menyusui mungkin harus memperhatikan bibir dan mulut kering jika mereka mengalami dehidrasi," ujar konsultan laktasi Tera Hamann.

c)     Jarang buang air kecil
Ibu menyusui seharusnya buang air kecil sesering bayi mereka. Itulah mengapa intensitas buang air kecil harus diperhatikan jika kita kekurangan cairan.


d)    Warna urine
Warna urine bisa menjadi indikator hidrasi yang baik. Menurut Gourley, warna urine yang gelap adalah tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi atau kurang cairan.

e)     Sakit kepala
Sakit kepala bisa menjadi sinyal bahwa momy butuh minum lebih banyak. Sakit kepala karena dehidrasi biasanya mirip dengan sakit kepala yang umum terjadi. Kepala akan terasa sakit di kedua sisi dan semakin parah dengan aktivitas fisik.


Nah, itulah tanda yang harus diwaspadai jika momy  kurang cairan saat sedang menyusui. Tangani masalah dehidrasi dengan serius ya, mom! Karena dehidrasi sangat berbahaya untuk momy yang sedang menyusui.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar