Jumat, 21 Februari 2020

Macam- macam masalah yang Dialami saat Awal Pemberian MPASI


MPASI sebaiknya diberikan ketika bayi sudah berusia 6 bulan. Berikan anak berbagai macam jenis, tekstur, dan rasa makanan agar ia dapat beradaptasi dengan variasi makanan. MPASI juga berguna untuk merangsang pertumbuhan gigi dan kemampuan motoriknya.

Namun, pemberian MPASI tak luput dari beberapa masalah yang mungkin dihadapi oleh orang tua dan anak. Ini masalah dalam pemberian MPASI yang biasa terjadi, yaitu sebagai berikut:

1. Bayi Melakukan Gerakan Tutup Mulut (GTM)


Gerakan Tutup Mulut atau GTM adalah kondisi ketika bayi tidak mau dan menolak saat diberi makanan. momharus mengetahui penyebabnya terlebih dulu baru bisa mencari solusi yang tepat. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab, di antaranya waktu pemberian makan yang tidak tepat, bayi baru selesai saja menyusu, atau bayi sedang dalam kondisi sakit.


2. Bayi Rewel saat Diberikan Makanan

Menghadapi bayi yang rewel adalah jangan menyerah dan tetap konsisten, ya, mom. Membujuk anak memang membutuhkan proses namun jangan memaksanya. Hentikan bermain gadget ketika anak sedang makan. Biasakan untuk mempunyai waktu makan yang rutin karena hal ini juga melatih rasa disiplin anak.


3. Bayi Ingin Menyendok Sendiri


Wajar jika bayi ingin mencoba makan dengan menyendok sendiri. Nah, mom harus tetap mengawasi dan tetap memberikan responsive feeding. Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gizi bayi, bukan hanya sekadar membuat ia measa kenyang 


4. Bayi Tidak Mau Duduk di Kursi Makan

Biasanya ada kursi makan khusus bayi yang berguna agar bayi terbiasa makan ditempatnya. Namun, jika bayi tidak mau duduk di kursi tersebut, mom bisa memangkunya atau duduk di stroller. 
Nah, itulah masalah dalam pemberian MPASI yang bisa mom antisipasi. Namun, jika mengerti masalahnya, ternyata tidak begitu sulit kan untuk memberikan MPASI? Pastikan gizi anak terpenuhi dan tujuan MPASI tercapai dengan baik, ya!

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar