Sabtu, 22 Agustus 2020

Tips Mendampingi Sekolah Daring bagi Orangtua

Sekolah dalam jaringan (daring) sudah diterapkan dalam waktu beberapa bulan ini selama musim pandemi Covid-19. Proses pembelajaran berbasis teknologi internet ini dilaksanakan dengan pendampingan orangtua di rumah. Namun pada kenyataannya, mendampingi anak-anak mengikuti sekolah daring di rumah tidak selalu mudah. Sebagian orangtua bahkan merasa kondisi seperti ini sangat memberatkan. Lalu bagaimana seharusnya agar orangtua bisa mendampingi anak-anak mengikuti sekolah daring dengan baik? Berikut ada beberapa tips yang bisa Ayah-Ibu coba lakukan:

  • Jalin komunikasi positif
    Berikan pemahaman dan penjelasan tentang alasan kepada anak-anak mengapa mereka harus tetap sekolah atau belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru meskipun dari rumah.
  • Buat jadwal harian
    Ajaklah anak menyusun jadwal kegiatan hariannya, termasuk di dalamnya jam dan durasi waktu belajar. Anda bisa mengajaknya berdiskusi membuat aturan tentang apa saja yang harus dilaksanakan maupun yang tidak boleh dilakukan, khususnya saat berlangsungnya sekolah daring.
  • Jam belajar yang fleksibel
    Khusus untuk anak yang susah belajar, buatlah jam belajar yang lebih fleksibel. Beri kesempatan padanya memilih jam belajar sesuai keinginannya. Atur suasana belajar dan lingkungan yang bisa menarik minatnya untuk belajar, siapkan perlengkapan belajar sesuai minatnya. Tapi tetap harus ada aturan beserta konsekuensi yang harus ditegakkan, dengan tujuan mendorong anak mau belajar.
  • Jangan paksa anak
    Jika anak tidak mau belajar atau mengerjakan tugasnya, jangan paksakan anak untuk tetap melaksanakan apa yang diperintahkan. Cobalah berkomunikasi dengan guru atau wali kelasnya agar ikut memotivasi anak dengan mengajak anak berkomunikasi, bisa via video call.
  • Jeda penghilang stress
    Ketika suasana sudah tidak kondusif untuk belajar, misalnya saat anak jenuh atau lelah, ambil jeda untuk beristirahat. Berikan anak waktu sejenak untuk melakukan hal yang disukainya. Hal ini akan mengurangi atau menghilangkan rasa penatnya atau stres yang melanda, termasuk juga pada orangtua.
  • Pantau secara rutin
    Jika ayah-ibu terpaksa tidak bisa mendampingi secara langsung saat anak-anak belajar di rumah karena sama-sama harus bekerja, pastikan anak-anak tetap bisa mengikuti pembelajaran daring tersebut. Bila perlu minta tolong kepada orang yang bersedia dan Anda percayai untuk menemani anak-anak belajar di rumah. Pantau secara rutin perkembangannya setiap ada kesempatan, bisa dengan video call anak-anak pada jam istirahat kerja Anda atau waktu yang memungkinkan untuk itu.
  • Beri motivasi anak
    Kondisi yang memaksa anak-anak untuk tidak pergi ke sekolah dan lebih banyak beraktivitas di rumah selama beberapa bulan ini bisa menurunkan minat dan semangat belajar mereka. Selalu berikan motivasi dan dukungan positif agar anak-anak tetap mau belajar.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar