Selasa, 04 Agustus 2020

Penyebab Terjadinya Kulit Kering pada Bayi

Masalah kulit bayi kering sebenarnya adalah hal wajar yang tidak jarang terjadi pada bayi. Bayi yang baru lahir pun bisa mengalami masalah ini. Maklum saja, 9 bulan sebelumnya kulit bayi terendam dalam air ketuban.

Jadi ketika lahir, kulit sensitif bayi masih harus menyesuaikan diri dengan keadaan dunia luar. Itu sebabnya kulit bagian luar bayi akan mengelupas saat terkena udara yang kering. Namun, bukan hanya hal itu yang bisa jadi penyebab masalah kulit bayi kering. Hal lain yang bisa jadi penyebab di antaranya adalah:

Struktur kulit bayi

Salah satu perbedaan kulit bayi dan orang dewasa adalah kulit bayi memiliki stratum korneum 30% lebih tipis dari orang dewasa. Stratum korneum adalah lapisan kulit mati yang dapat mengelupas dan digantikan oleh sel yang baru. Selain itu, kulit bayi juga lebih mudah menguapkan cadangan airnya, yang membuatnya rentan menjadi kering.

Hilangnya lapisan vernix

Sesaat setelah dilahirkan, perawat akan membersihkan tubuh bayi dari vernix maupun darah. Pada saat inilah, kulit bayi mulai bersentuhan langsung dengan udara tanpa perlindungan apapun. Hal ini bisa menyebabkan kulit kering pada bayi sebagai bentuk adaptasi dengan lingkungan.

Udara yang terlalu dingin atau terlalu panas

Faktor lingkungan juga menjadi penyebab kulit kering pada bayi. Udara yang terlalu kering atau terlalu panas dengan kadar kelembaban yang rendah, rentan membuat kulit bayi menjadi lebih kering. Apalagi, kelenjar keringat bayi belum berkembang sempurna sehingga kurang mampu beradaptasi terhadap berbagai macam perubahan suhu.

Penggunaan sabun

Menggunakan sabun secara berlebih dapat menimbulkan perubahan kadar pH kulit. Air memiliki pH netral (7) dan sabun memiliki ph 7-12 sehingga dapat mengurangi fungsi pelindung pada kulit, menyebabkan kelembaban alami kulit mudah hilang. Jika kondisi ini berlanjut, pori-pori kulit bayi menjadi lebih mudah menyerap bahan kimia dari produk perawatan bayi sehingga bisa menyebabkan dermatitis dan rentan terhadap infeksi.

Jika kulit kering pada bayi disebabkan atau malah berujung dengan beberapa penyakit di atas, periksakan ke dokter. 

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar