Sabtu, 15 Agustus 2020

Langkah Pijat Payudara untuk Kelancaran Laktasi

ASI adalah satu-satunya asupan untuk anak berusia 0 – 6 bulan. Oleh karena itu, kelancaran proses laktasi menjadi kunci bagi keoptimalan tumbuh kembang anak. Tidak heran jika banyak ibu yang mengalami frustasi apabila ASI hanya keluar sedikit lalu langsung memutuskan untuk mencari donor ASI. Sebelum mengambil langkah tersebut, sebaiknya lakukan terlebih dahulu pemijatan payudara demi kelancaran laktasi. Untuk melakukannya, ikuti 5 langkah pijat payurada untuk kelancaran laktasi berikut ini.

Ibu harus melakukan relaksasi sebelum pijat

Buat diri moms senyaman mungkin sebelum melakukan pijat laktasi. Moms bisa melakukan dengan cara menyiapkan air hangat dan handuk kecil. Celupkan handuk tersebut ke air hangat kemudian kompres area payudara. Cara ini akan membuat proses pijat laktasi menjadi lebih mudah.

Pijat bagian puting dalam keadaan bersih

Setelah mengompres payudara, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan area putting. Jika puting sudah dalam keadaan bersih dan terlumuri minyak, lanjutkan dengan proses pemijatan. Gunakan jari telunjuk dan tengah untuk melakukan pemijatan dari sisi atas, kanan, kiri, dan bawah aerola menuju ujung puting. Lakukan kurang lebih 5 – 20 kali secara perlahan dan lembut.

Tekan bagian atas dan bawah payudara

Lumuri tangan atau payudara dengan minyak esensial kemudian tempelkan telapak tangan kanan ke bagian atas payudara sebelah kanan. Tekan bagian tersebut dengan menggunakan pangkal telapak tangan. Lakukan secara perlahan dengan gerakan ke bawah menuju puting. Ulangi selama 5 kali dengan perlahan.

Tekan bagian samping payudara

Sebelum melanjutkan pemijatan, sebaiknya tambahkan minyak pijat terlebih dahulu. Setelahnya, lanjutkan dengan meletakkan telapak tangan di bagian kanan payudara. Tekan bagian tersebut dengan menggunakan telapak tangan bagian bawah lalu arahkan pijatan ke puting. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali.

Lakukan pada payudara kiri dan kanan

Setelah melakukan semua langkah di atas pada payudara kanan, lanjutkan dengan memijat payudara kiri. Langkah-langkah tersebut akan membuat aliran ASI menjadi lebih lancar dan banyak. Sebaiknya, segera keluarkan ASI sesaat setelah pemijatan demi menghindari produksi ASI berlebih atau justru penggumpalan.

 

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar