Selasa, 04 Agustus 2020

Kendala Pembelajaran Jarak Jauh pada Anak

Kini, tahun ajaran baru telah dimulai sejak 13 Juli 2020. Para siswa kembali berkutat dengan gadget-nya dan mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara online.

Meski begitu, metode PJJ ini juga memiliki kendala tersendiri bagi siswa. Berikut ini kendala PJJ yang dialami siswa yang perlu Moms ketahui.

a)      Metode Pembelajaran yang Tidak Fleksibel

Metode PJJ dinilai tidak fleksibel karena beberapa pelatihan hingga praktik harus dilakukan secara online.

Sehingga banyak siswa tidak bisa merasakan pengalaman seperti ketika melangsungkan praktik secara langsung atau bertatap muka.

Sementara itu, bagi mahasiswa yang mengharuskan ke laboratorium atau praktikum juga merasa kesulitan karena harus berpindah ke intruksi online.

b)     Membutuhkan Kontrol Diri yang Tinggi dari Gangguan Eksternal

Karena PJJ berlangsung secara online dan di rumah, tak jarang banyak anak yang menjadi tidak disiplin saat belajar.

Selain itu, tak adanya pengawasan dari guru dan mengharuskan siswa untuk mempelajari materi secara online, mengerjakan tugas mandiri, hingga mengunduh materi sendiri juga jadi kendala yang harus dihadapi.

Terkadang siswa juga harus menghadapi gangguan eksternal lainnya selama di PJJ di rumah misalnya ketika orang tua meminta bantuan mengerjakan pekerjaan rumah, atau membantu orang tua berjualan.  Hal juga bisa membuat anak sulit fokus pada materi pelajaran.

c)      Jaringan dan Fasilitas

PJJ dilakukan secara online sehingga membutuhkan jaringan internet hingga fasilitas elektronik lainnya seperti handphone dan laptop.

Keduanya tak hanya digunakan sebagai alat berkomunikasi antara siswa dengan guru, namun juga sebagai media menyampaikan dan mengirimkan tugas. Hal ini menjadi kendala karena tak semua siswa memiliki fasilitas tersebut.

Itulah kendala Pembelajaran Jarak Jauh pada Anak

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar