Minggu, 19 Juli 2020

Yuk Coba! Ide Permainan Sensori Untuk Stimulasi Indera Peraba Bayi

Moms, walaupun Si Kecil tidak memiliki karakteristik seorang anak yang memiliki masalah sensori indera peraba, namun bermain sensori tetap penting dilakukan, lho.

Kira-kira untuk mengasah indera perabanya, permainan sensori apa yang bisa dicoba untuk bayi ya? Berikut ulasannya.

Sensory Cube

Moms bisa membeli sensory cube atau bisa juga membuatnya sendiri. Sensory cube atau kubus sensori ini beragam macam dan Moms bisa kreasikan sendiri serta sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

Dalam sensory cube ini, di setiap sisinya, Moms bisa menempelkan beragam tekstur yang bisa anak pegang. Misal Moms menempelkan kain handuk dan kain sifon untuk mengenalkan tekstur halus dan kasar.

Sensory cube dalam merangsang indera peraba, Moms bisa membuat kubus dengan anak tekstur dengan ukuran yang disesuaikan dengan usia anak Moms.

Sensory Bin

Siapkan beberapa baskom, isi dengan berbagai tekstur berbeda dan ajak anak untuk masuk dan menginjak isi dari baskom tersebut. Isi dari baskom bisa bermacam-macam dan disesuaikan dengan bahan yang tersedia di rumah seeperti bubble wrap, velcro, daun kering, pasir, waterbeads, air, spons, handuk, jelly.

Jika anak belum bisa berdiri atau berjalan, Moms bisa membantu Si Kecil untuk memasukkannya ke dalam aneka baskom. Atau bisa juga tanpa baskom, yakni mengajak anak bermain di ruang terbuka tanpa alas kaki. Misal berdiri di atas rumput, bebatuan, daun kering, kubangan air, kubangan lumpur, di atas ranting, dan lain-lain

Permainan Panas dan Dingin

Membuat permainan sensori panas dan dingin cukup mudah dilakukan dengan bahan seadanya di rumah. Moms bisa siapkan satu baskom berisi es batu dan baskom satu lagi bisa siapkan handuk yang dicelup ke air hangat, atau bisa juga langsung air hangat.

Sembari anak Moms bermain, jelaskan bahwa es batu yang anak pegang ini rasanya dingin, sedangkan di wadah yang lain ada air berisi air hangat.

Ketiga permainan sensori di atas bisa dipraktikan sejak bayi usia 6 bulan ke atas, lho. Jika khawatir kotor dan berantakan, Moms selalu bisa memberikan alas seperti koran atau plastik agar ketika permainan ini tercecer ke lantai bisa lebih mudah dibersihkan.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar