Minggu, 12 Juli 2020

Tips Menenangkan Bayi Setelah Disuntik Vaksin atau Imunisasi

Bayi membutuhkan berbagai vaksin dan imunisasi yang biasanya diberikan dengan cara disuntik. Vaksin dan imunisasi ini sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah bayi terserang penyakit.

Beberapa bayi menangis kencang setelah disuntik imunisasi atau vaksin. Para Bunda pun tidak tega melihat bayinya menangis seperti itu. Apa ya yang bisa dilakukan?

1.    Memeluk dan menyusui bayi

Penelitian telah menemukan strategi yang ampuh untuk meredakan bayi yang kesakitan setelah disuntik yaitu memeluk atau menyusui.  Menyusui dapat menenangkan, mengalihkan perhatian, dan menghibur bayi. Para ahli juga meyakini bahwa endorfin pada ASI juga dapat mengurangi rasa sakit pada bayi.

2.    Minta anastesi topical

Kalau si kecil sepertinya tidak akan tahan terhadap rasa sakit, tanyakan kepada dokter apakah bisa diberikan anastesi topikal. Anastesi yang dioleskan di kulit satu jam sebelum suntik berguna untuk mengurangi rasa sakit pada area tersebut.

3.    Berperilaku tenang ketika bayi diimunisasi

Ketika bayi akan disuntik, moms jangan ikut panik dan tegang ya. Kalau Bunda cemas, bayi bisa ikut cemas juga lho.

4.    Pijat bayi

Beri pijatan lembut pada kaki atau tangan bayi setelah disuntik. Ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit akibat jarum suntik dan vaksin yang masuk ke otot bayi.

5.    Pantau gejala setelah vaksin

Setelah divaksin, umumnya bayi mengalami reaksi ringan. Misal, kemerahan di area yang disuntik, demam ringan, rewel, atau tidak mau makan.

Efek samping yang serius jarang terjadi pada bayi. Tapi, untuk berjaga-jaga, kalau bayi menangis selama 3 jam, demam tinggi, atau wajah bengkak, segera cari bantuan medis ya.

Jadi itulah yang bisa moms lakukan untuk menenangkan bayi setelah imunisasi. Semoga membantu.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar