Minggu, 26 Juli 2020

Rekomendasi Pengganti Susu untuk Anak yang Alergi Susu Sapi

Beberapa anak memiliki intoleransi laktosa. Kondisi ini menyebabkan anak tidak bisa mengonsumsi susu sapi seperti anak-anak lainnya. Ibu mungkin khawatir karena susu adalah sumber gizi untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Anak yang mengidap intoleransi laktosa (komponen gula alami dalam susu sapi), tidak mampu mencerna zat tersebut sampai ke usus besar sehingga hal ini menyebabkan masalah pencernaan.

Mau tidak mau, untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi Si Kecil, kita harus mencari produk susu bayi yang tidak mengandung laktosa. Lalu apa saja alternatif yang bisa Moms pilih?

Jika anak Moms sudah mencapai umur 1 tahun atau lebih, berikut ini beberapa alternatif susu tanpa laktosa yang bisa diberikan untuk bayi yang alergi susu sapi

·        Susu Almond. Buat kalangan vegetarian, susu almond dijadikan sebagai alternatif minuman sehat pengganti susu anak. Meski cenderung memiliki harga lebih mahal, namun susu almond biasanya hadir tanpa pemanis sehingga lebih sehat. Kalau diberi pemanis, yang umum digunakan adalah pemanis alami seperti madu atau buah kurma. Cara pembuatannya kurang lebih sama dengan susu kedelai, direndam selama kira-kira 12 jam, diblender dengan air berikut ditambahkan pemanis atau periksa lalu disaring menggunakan kain. Susu almond dikenal memiliki kalori yang lebih rendah dan kaya akan asam lemak tak jenuh serta kaya vitamin E. Vitamin, A dan D dalam kandungan susu almond juga cocok untuk memenuhi kebutuhan harian.

 

·        Susu Kedelai. Salah satu produk olahan kedelai ini mudah ditemukan. Susu kedelai merupakan sumber protein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, dan potasium yang baik sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu anak. Kandungan protein dalam susu kedelai hampir setara dengan susu sapi, dan dalam susu kedelai terdapat 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena berasal dari tumbuhan, susu kedelai tidak mengandung kolesterol sehingga baik bagi kesehatan jantung. Anak atau anggota keluarga lain dapat konsumsi susu kedelai setiap hari. Konsumsi susu kacang kedelai harus dibatasi bagi mereka yang memiliki masalah dengan penyakit tiroid.

Itu dia beberapa jenis susu pengganti untuk anak yang alergi susu sapi yang bisa Moms berikan. Hal yang perlu diperhatikan oleh para Moms agar bayi yang lahir terhindar atau kemungkinan kecil berkembang menjadi alergi terhadap protein susu sapi di kemudian hari, adalah dengan memberikan ASI eksklusif.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar