Senin, 20 Juli 2020

Orangtua Wajib Menjaga Mental Selama Anak Belajar di Rumah

Menghadapi pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan akan berakhir ini, pemerintah telah mengambil kebijakan untk memperpanjang program belajar di rumah, hingga paling tidak Desember 2020. Hal ini tentu akan menjadi tekanan tersendiri bagi para orangtua, yang sebelumnya telah selama 3 bulan lebih berjibaku mengatur ritme hidup; bekerja, mengurus rumah tangga dan mendampingi anak belajar. Untuk jangka yang lebih panjang, berikut ini tips menjaga kesehatan mental selama mendampingi belajar di rumah.

Keseimbangan psikologis orangtua sangat berpengaruh pada kondisi psikologis anak. Di masa-masa yang tidak menentu ini, penting untuk tetap menjaga keseimbangan psikologis agar kehidupan berjalan normal di tengah berbagai hal yang sifatnya new normal. Tetaplah bersikap tenang menghadapi perubahan yang mungkin akan terus terjadi. Yang pertama tentu soal keputusan pemerintah memperpanjang masa belajar di rumah. Ibu dan ayah bisa mengikuti tips berikut ini:

  • Buat perencanaan

Buatlah perencanaan aktivitas mendampingi anak belajar, diseimbangkan dengan ritme bekerja, serta aktivitas rumah tangga lainnya. Untuk aktivitas harian anak-anak, upayakan tidak ada perubahan seperti saat sekolah. Jam bangun tidur, kapan mulai belajar, lama belajar dan waktu istirahat. Kondisikan anak untuk mematuhi ritme harian mereka, sehingga tidak akan banyak berpengaruh pada ritme kerja Anda.

  • Diskusi seperlunya

Penting untuk berdiskusi tentang pandemi ini dengan anak-anak. Namun disarankan seperlunya saja. Pilihkan informasi yang perlu diketahui oleh anak-anak, terutama soal protokol kebersihan diri, kenapa harus belajar di rumah dan kenapa mereka tidak boleh jalan-jalan ke tempat rekreasi atau pusat keramaian seperti mal. Hindarkan anak dari media sosial. Informasi terkait Covid-19 mengalir bak air bah, bercampur antara informasi kredibel dengan hoaks. Jangan sampai anak-anak terpapar informasi hoaks yang justru akan menyulut kekhawatiran dan ketakutan.

  • Libatkan anak

Ajak serta anak untuk menciptakan suasana belajar di rumah yang asyik. Anda perlu berdiskusi dengan para guru tentang metode belajar di rumah yang ideal dan menyenangkan. Setelah itu, ajak anak untuk membuat formula belajar di rumah sebagai kegiatan yang menyenangkan, entah dengan membuat ruang khusus belajar, mengikuti jalan-jalan online setelah selesai belajar, dan lain sebagainya.

  • Batasi informasi

Batasi asupan informasi. Tak perlu mengikuti berbagai sumber berita untuk mendapatkan berita terkini. Pilihlah satu atau dua sumber berita terpecaya untuk mendapatkan update. Anda bisa mengunjunginya satu atau dua kali dalam sehari. Hindari terlalu lama membuka media sosial, karena banyak sekali hoaks yang bertebaran di sana. Ini akan membantu tetap tenang. Pada saat yang sama, tetaplah terhubung dengan keluarga dan teman.

  • Me time

Jangan lupakan “me time” dengan begitu banyaknya energi yang harus dikeluarkan karena harus berada di rumah saja selama pandemi ini, jangan lupa untuk mengambil waktu “me time” Anda. Baik suami maupun isteri jangan lupa meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri, dan mengambil jeda dari aktivitas yang penuh tekanan. Bentuknya bisa sesederhana minum teh hangat di kebun, atau beranda belakang rumah tanpa diganggu anak-anak, membaca buku, atau mandi berendam untuk relaksasi.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar