Selasa, 14 Juli 2020

Ketahui, Tips Memicu Let Down Reflex ( LDR ) saat Pumping

Ibu pernah merasakan seperti kesemutan di payudara ketika si kecil sedang menyusu? Ini adalah Let Down Reflect (LDR), sebuah kondisi ketika ASI mengalir dengan deras karena stimulasi dari hisapan bayi saat sedang menyusu. Ini adalah tanda yang baik dan menjadi kunci untuk mendapatkan volume ASI yang cukup. LDR sering hadir ketika si kecil menyusu langsung, bagaimana bila saat memompa? Yuk, simak 6 cara memicu datangnya LDR saat memompa ASI!

  1. Corong hisap (flange) yang tepat

Menggunakan ukuran flange yang tepat untuk ukuran puting akan membantu let down dan juga mencegah cedera. Pilih flange yang tidak terlalu longgar atau tidak terlalu kencang.

2.    Kecepatan pompa

Penelitian telah menunjukkan kalau ibu memproduksi lebih banyak ASI ketika pompa menyerupai pola menyusu bayi. Beberapa pompa menggunakan pola ini secara otomatis. Jika tidak, Ibu bisa secara manual menyesuaikan kecepatan pompa, mulai dengan kecepatan cepat dan berganti ke kecepatan lebih lambat setelah merasa ASI mulai keluar.

3.    Hisapan pompa

Memilih pompa ASI dengan daya hisap yang tepat jadi hal penting berikutnya untuk memperoleh let down. Sebaiknya Ibu menggunakan pompa dengan hisapan yang cukup ringan sehingga tidak menyebabkan cedera tapi cukup kuat untuk Ibu merasakan stimulasinya. Kebanyakan ibu membutuhkan eksperimen untuk menemukan yang tepat.

4.    Pijat payudara

Sedikit pijatan lembut di payudara sebelum memompa membantu menstimulasi let down, karena saraf di payudara dan puting mengirim pesan ke otak untuk let down ASI. Pijat atau kompres selama memompa juga bisa membantu.

5.    Pompa ganda

Semakin tinggi stimulasi saat memompa kedua payudara di waktu bersamaan membuat Ibu lebih mudah memproduksi let down. Ini sekaligus memperpendek waktu memompa Ibu. Bra khusus bisa membantu Ibu menggunakan pompa ganda.

6.    Lakukan hands-on pumping

Penelitian telah menunjukkan kalau memerah ASI dengan tangan sebelum dan setelah menggunakan pompa dapat menstimulasi lebih banyak ASI. Ini dikenal dengan istilah hands on pumping.

Yuk, semangat untuk memompa! Konsumsi susu almond New DrinKing yaa, moms. Supaya ASI selalu lancar. 

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar