Senin, 13 Juli 2020

Inilah Berbagai Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Tubuh wanita yang sedang hamil secara alami akan menyesuaikan diri untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, serta mempersiapkan kelahiran. Perubahan tersebut dapat mengakibatkan berbagai keluhan, salah satunya adalah pembengkakan (edema) pada kaki.

Keluhan kaki bengkak cukup banyak dialami ibu hamil pada trimester akhir kehamilan. Namun, kondisi ini juga bisa saja terjadi pada ibu hamil di trimester lebih awal kehamilan. Tergantung pada usia kehamilannya, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab kaki bengkak yang terjadi pada ibu hamil:

Trimester pertama

Di awal kehamilan, hormon progesteron akan meningkat pesat. Kondisi ini berdampak pada munculnya sedikit pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti kaki. Pembengkakan karena perubahan hormon kehamilan ini adalah hal yang normal terjadi.

Trimester kedua

Di trimester kedua, banyak ibu hamil yang merasakan kaki bengkak saat usia kehamilannya menginjak 20 minggu.

Penyebabnya adalah meningkatnya volume darah dan cairan di dalam tubuh. Bertambahnya volume darah dan cairan tubuh merupakan mekanisme tubuh untuk mendukung pertumbuhan janin, serta mempersiapkan persendian dan jaringan panggul agar lebih terbuka untuk persalinan.

Trimester ketiga

Kaki bengkak lebih umum terjadi pada trimester ketiga. Biasanya, hal ini disadari ketika sepatu yang biasanya dipakai terasa lebih sempit atau bahkan tidak cukup lagi.

Penyebab kaki bengkak saat hamil di trimester akhir adalah rahim yang terus membesar seiring berkembangnya janin. Kondisi rahim yang makin membesar dapat menekan pembuluh darah vena di panggul.

Tekanan tersebut memperlambat kembalinya darah dari kaki menuju jantung, sehingga darah berkumpul di pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan.

Selain karena beberapa hal di atas, kaki bengkak yang dialami oleh ibu hamil juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

·         Berdiri terlalu lama.

·         Kelelahan atau melakukan aktivitas terlalu berat.

·         Kelebihan air ketuban.

·         Hamil bayi kembar.

·         Cuaca panas.

·         Kurang minum air putih.

·         Kurang mengonsumsi makanan mengandung kalium.

·         Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi atau minuman berkafein.


Itulah penyebab kaki bengkak saat hamil. Meski begitu, tetap konsultasikan apa yang kamu alami selama hamil ke dokter ya

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar