Minggu, 26 Juli 2020

Cara Penyimpanan ASIP di Freezer Kulkas Campur Makanan agar Tidak Basi

ASIP atau ASI perahmerupakan ASI yang disimpan pada botol. Umumnya cara ini dilakukan pada ibu-ibuyang aktivitasnya merangkap sebagai wanita karier. Demi menjaga perkembangan bayi, setiapharinya ibu ini harus membuat ASIP yang sesuai takaran.

Salah satu cara untukmengawetkan ASIP ini adalah dengan menaruhnya pada freezer di dalam kulkas. Lalubagaimana jika ada makanan lain di dalam freezer? Agar ASIP tidak terkontaminasidengan makanan lainnya, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba.

Taruh ASIP di dalam wadah tersendiri

Cara pertama yang bisa moms lakukan adalah tidak mencampurkan ASIp dengan bahan makanan lainnya di dalam freezer. Cobalah moms pisahkan ASIP dengan menaruhnya di dalam kotak atau wadah khusus yang sudah steril. Dengan memasukan ASIP ke wadah tersendiri, maka botol ASIP dan bahan makanan lainnya tidak akan saling bersentuhan selama di dalam freezer kulkas.

Tidak menyimpan ASIP pada plastik minuman

Jangan menggunakan botol plastic minuman yang biasa ya,moms, gunakanlah botol plastik yang digunakan khsusus untuk bayi. Jika menaruh ASIP di dalam botol semacam itu, maka zat-zat kimia di dalam botoldapat masuk ke dalam tubuh bayi. Hal tersebut dapat membuat bayi terkontaminasibahan kimia.

Berikan waktu pada setiap botol dan wadah

Setiap botol ASIP yang sudah ditaruh pada kulkas sebaiknya diberikan waktu sejak kapan ASIP tersebut disimpan ke dalam freezer. Memang ASIP yang telah dibekukan pada freezer dapat digunakan kembali dengan durasi yang lebih lama. Akan tetapi, perlu moms pahamijika ASIP di dalam Freezer pun memiliki batas waktunya sendiri.

Jangan langsung dimasukan ke dalam Freezer

Ketika ASIP telah dimasukan ke dalam botol, janganlah langsung dimasukan ke dalam freezer secara langsung. Haltersebut dapat merusak beberapa gizi baik di dalam ASI jika moms langsung memasukannya ke dalam freezer secara langsung.

Jangan simpan kembali sisa ASIP

Ketika ASIP memiliki sisa, maka tidak boleh menyimpannya kembali pada freezer. Hal tersebut tentunyasudah tidak dapat dikonsumsi pada bayi kembali karena kualitasnya sudah buruk.jika ada sisa ASIP, sebaiknya langsung dibuang saja.

Pastikan botol sudah dicuci secara steril

Susu ASIP sangatlah sensitif. Hal itu dikarenakan ASI jenis ini sanagt bermanfaat pada bayi yang baru lahir dan juga dapat memengaruhi perkembangan bayi kedepannya. Maka dari itu, botol yang digunakan untuk ASIP harus steril. Ketika botol akan digunakan kembali, cucilah menggunakan oabat-obatan agar botol tidak terkontaminasi bakteri maupun kuman yang berasal dari makanan di dalam freezer.

Itulah cara penyimpanan ASIP di freezer kulkas campur makanan agar tidak basi. Pada dasarnya, menyimpan ASIP yang bercampur dengan makanan lainnya di dalam freezer tidaklah bermasalah. Sebab, yang paling penting adalah kualitas botol yang digunakan dan cara penyimpanan ASIP yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat.  

 SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar