Jumat, 24 Juli 2020

Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Sedang Hamil

Rasa gatal tak terperi di area perut lumrah dialami oleh para ibu hamil (Bumil). Bumil pun kadang sulit menahan diri untuk tidak menggaruk-garuk perut. Rasa gatal di kulit area perut muncul sebagai reaksi normal atas terjadinya peregangan kulit. Kondisi ini biasanya mulai muncul di trimester kedua kehamilan, yakni antara minggu ke 13 dan 28. Namun ada juga yang merasakannya di trimester akhir kehamilan.

Yang perlu Bumil ketahui, peregangan pada kulit ini menyebabkan berkurangnya kelembaban kulit perut, disertai dengan meningkatnya hormon estrogen. Lantas muncullah rasa gatal tersebut. Pada Bumil yang mengandung anak kembar, gatal pada kulit akan dirasa makin hebat karena peregangan kulit yang semakin lebar. Cara mengatasinya? Tentu tidak disarankan untuk mengggaruknya. Karena menggaruk hanya akan membuat kulit menjadi iritasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Bumil untuk mengatasi rasa gatal ini. Pertolongan pertama yaitu dengan mengompres kulit dengan air dingin. Sensasi dinginnya mampu meredakan rasa gatal dan membuat Bumil merasa rileks. Pakailah pelembab untuk menghidrasi kulit, paling tidak sekali dalam sehari. Jangan alpa untuk memperhatikan kandungan zat kimia dalam pelembab. Hindari produk yang mengandung urea, minyak esensial, asam salisilat dan retinoid. Salah satu jenis pelembab yang cocok untuk mengatasi rasa gatal adalah gel lidah buaya (Aloe vera).

Mandi air hangat memang dapat membantu Bumil meredakan ketegangan otot tubuh dan membuat Bumil merasa rileks. Namun, mandi air hangat membuat kulit jadi semakin kering dan mengakibatkan rasa gatal di area perut makin menjadi. Jika memang ingin mandi air hangat, jangan terlalu sering.

Panas cuaca bisa memperburuk rasa gatal di kulit area perut. Karena itu sebisa mungkin hindari keluar rumah/ruangan saat cuaca sedang panas-panasnya. Selalu kenakan pakaian yang longgar dari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Pakaian ketat berisiko menimbulkan gesekan pada kulit sehingga rasa gatal makin menjadi dan kulitpun makin teriritasi. Jangan lupa pula untuk mencukupi hidrasi kulit dengan banyak minum cairan, sehingga dapat mengurangi rasa gatal saat perut semakin membesar.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar