Kamis, 23 Juli 2020

Cara Mengatasi atau Mengurangi yang di Alami Bayi Saat Kolik

Mengingat kolik pada bayi merupakan tantangan besar untuk orangtua, tidak jarang memicu kekhawatiran dan panik yang mungkin membuat Ibu dan Ayah berpikir ingin segera membawa si kecil ke dokter. Namun sebelum energi Ibu semakin terkuras karena merasa cemas, Ibu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi atau mengurangi rasa ketidaknyamanan yang dialami bayi saat kolik:

  1. Pastikan Si Kecil Tidak Haus dan Lapar

Ibu bisa memeriksa tanda-tanda cukup ASI dan tawarkan si kecil menyusu untuk menenangkannya.

  1. Periksa Popok

Selain untuk memastikan apakah si kecil merasa tidak nyaman karena buang air besar atau kecil, Ibu juga bisa memeriksa apakah si kecil mengalami diaper rash atau ruam popok. Biasanya ruam popok rentan dialami bayi yang menyebabkan rasa gatal atau panas di area genitalnya.

  1. Cek Suhu Ruangan

Setelah memeriksa tanda kecukupan ASI dan memeriksa popok, selanjutnya Ibu bisa cek suhu udara apakah terlalu panas sehingga membuat si kecil gerah dan muncul ruam di badannya atau justru si kecil merasa kedinginan. Ibu bisa mengatur suhu ruangan apabila menggunakan AC dan menyesuaikan perputaran kipas angin.

  1. Coba Posisi Sendawa

Terkadang saat kita terlalu kenyang, perut kita terasa terlalu kencang dan baru merasa lebih lega saat sudah sendawa. Ini juga bisa terjadi pada si kecil. Cobalah gendong si kecil dengan kepala bersandar di pundak Ibu, lalu tepuk-tepuk perlahan bagian punggung atasnya. Jika Ibu masih belum pulih, minta bantuan Ayah atau orang terdekat untuk melakukannya.

  1. Gendong dengan Posisi Berbeda

Gerakan lembut bisa membuat bayi merasa aman dan lebih tenang. Ibu bisa menggendong dengan mengayunkan secara sangat perlahan, atau mencoba berbagai variasi menggendong lain yang aman. 

  1. Bedong Bayi

Membedong bayi bisa membuatnya menjadi lebih tenang asalkan Ibu telah memastikan tidak membedongnya terlalu erat dan tidak membuatnya gerah. Dengan membedong si kecil, akan mengurangi refleks spontan seperti kaget atau moro reflex yang sering membuat si kecil tiba-tiba terbangun saat tidur. 

Nah, itulah cara ampuh mengatasi kolik pada bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar