Jumat, 31 Juli 2020

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Kehamilan memang membahagiakan, sekaligus membingungkan. Tapi membingungkan karena perubahan-perubahan yang terjadi bisa jadi normal, bisa juga tidak. Nah, salah satu perubahan ibu hamil adalah munculnya keputihan, yang dapat bervariasi seperti ketebalan, frekuensi, dan konsistensi.

Sebelum Moms tambah bingung, yuk simak ulasan mengenai penyebab keputihan saat hamil muda di bawah ini.

·        Peningkatan Estrogen

Penyebab keputihan saat hamil yang pertama adalah karena adanya peningkatan estrogen. Saat Moms tengah hamil muda, peningkatan kadar estrogen menyebabkan peningkatan aliran darah ke area panggul.

·        Progesteron Vagina

Penyebab keputihan saat hamil yang selanjutnya adalah adanya progesteron pada vagina. Moms, dalam beberapa kasus ibu hamil perlu mengonsumsi progesterone yang membantu mengentalkan lapisan rahim serta mempertahankan kehamilan.

·        Infeksi Vagina

Penyebab keputihan saat hamil yang selanjutnya adalah infeksi vagina. Infeksi vagina bisa disebabkan oleh dua hal, yakni bakteri dan jamur. Apabila vagina mengeluarkan aroma tak sedap atau aneh, merasa gatal atau sakit, nyeri saat buang air kecil, segera hubungi dokter karena gejala ini dapat menunjukkan infeksi vagina.

·        Perubahan Serviks

Perubahan serviks yang terjadi selama kehamilan adalah peningkatan jumlah keluarnya cairan keputihan. Ini karena serviks dan vagina mengalami perubahan hormon yang diatur dalam kehamilan yang menyebabkan peningkatan produksi lendir serviks dan keputihan.

·        Herpes Genital

Penyebab keputihan saat hamil muda selanjutnya adalah herpes genital. Pada ibu hamil yang menderita herpes genital, keputihan muncul diikuti dengan bercak dan lepuhan khas herpes di area kelamin.

Wanita dengan herpes sebelum kehamilan biasanya dapat mengharapkan memiliki bayi yang sehat dan persalinan normal. Namun, jika Moms memiliki herpes genital selama kehamilan, ada risiko bayi dapat terjangkit penyakit serius yang disebut herpes neonatal.

Meski umumnya normal, keputihan saat hamil bisa juga disebabkan oleh kondisi yang serius, seperti infeksi menular seksual dan komplikasi dalam kehamilan. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk memastikan penyebab keputihan tersebut.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar