Rabu, 13 Mei 2020

Panduan Untuk Ibu Menyusui yang Aman Selama Pandemi Covid-19

Pandemi virus corona dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu menyusui. Kondisi seperti ini tentu sangat mengkhawatirkan karena ada kesehatan bayi yang perlu dijaga. Mungkin saja banyak pertanyaan yang muncul dalam benak Moms. Apakah ASI dari ibu menyusui dapat menularkan virus corona dan bagaimana ya cara aman yang dapat dilakukan agar si Kecil mendapatkan ASI yang cukup?

Untuk menjawab kegelisahan Moms tersebut, kami berikan tips menyusui yang aman selama masa pandemi Covid-19. Terlebih jika Moms telah memiliki gejala atau bahkan dinyatakan positif sebagai pasien virus corona.

a)     Moms yang dinyatakan ODP masih boleh menyusui

Menurut Dr. Elizabeth Yohmi, Sp.A, Moms yang memiliki gejala virus corona atau dinyatakan ODP, baik demam atau ISPA tetap bisa menyusui bayinya secara langsung, dengan catatan menggunakan masker untuk meminimalisir risiko menulari bayi saat menyusui. Selain itu, Moms yang ODP ini juga perlu menjaga kebersihan tangan dan payudara.

b)     Moms yang dinyatakan PDP bisa memberi ASIP

Apabila moms dinyatakan PDP, tetap bisa memenuhi kebutuhan ASI bayi melalui ASIP. Jika proses memerah ASI dilakukan secara manual, Moms harus memastikan tangan dan botol yang digunakan benar-benar steril. Sedangkan, jika menggunakan alat pompa, keseluruhan alat perahnya perlu disterilkan" jelas Dr. Elizabeth.

Moms perlu memerhatikan tempatnya. Pastikan ruangan yang digunakan khusus dan benar-benar steril. Perhatikan juga cara penyimpanannya, moms dan berikan ASIP sesuai dengan porsi yang biasa bayi konsumsi.

c)      Moms yang positif Covid-19 sebaiknya pisah dengan bayi

Moms tetap bisa memenuhi asupan nutrisi bayi dengan ASIP. Dengan catatan, Moms perlu menjaga jarak sekitar 2 meter dengan bayi atau lebih baik bayi dirawat terpisah dengan Moms yang positif Covid-19.

Itulah panduan menyusui yang aman selama pandemi Covid-19. Semoga Moms dan bayi selalu diberikan kesehatan dan mampu bertahan di era pandemi Covid-19 ini, Aamiin.

 SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami


PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar