Jumat, 17 April 2020

Tips Mengolah Wortel Supaya Menjadi Makanan Bayi


Saat si kecil mulai diperbolehkan mengonsumsi makanan padat, pastikan momy memilih bahan berkualitas yang kaya nutrisi untuk si Kecil. Salah satu sayur yang bisa momy gunakan sebagai campuran makanan bayi adalah wortel, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengolahnya.

Agar si Kecil tetap sehat dan bisa mendapat manfaat optimal dari sayuran ini, yuk simak kiat mencampurkan wortel dalam makanan bayi seperti berikut:


a)     Usia minimum 7 bulan
Makanan bayi yang mengandung wortel baru boleh dikonsumsi saat si Kecil berusia 7 bulan, sementara wortel mentah baru boleh dilahapnya saat memasuki usia 10 bulan ketika sistem pencernaannya sudah lebih siap  Selain bermanfaat untuk kesehatan mata. Sayuran ini juga mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk pembentukan tulang, serta zat besi yang membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah.
b)     Pilih yang segar
Sebelum mencampurkannya dalam makanan bayi, pilihlah wortel segar yang ditandai dengan warna cerah dan tekstur yang keras. Jika tak langsung menggunakannya, masukkan wortel dalam plastik yang dilubangi dan simpan di dalam kulkas. Jangan menggunakan wortel yang sudah disimpan selama 2 minggu atau lebih untuk membuat makanan bayi. Sebab dalam jangka waktu tersebut, kesegaran wortel telah menurun dan kandungan nutrisinya juga mulai berkurang.
c)      Perhatikan cara pengolahan
Momy perlu memerhatikan cara pengolahannya agar sayuran yang satu ini tak kehilangan berbagai kandungan nutrisi penting.  Kupaslah terlebih dahulu kulit wortel dan cuci hingga bersih sebelum diolah. Jika ingin merebus atau mengukusnya, 10 hingga 15 menit merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan tekstur yang cukup empuk tanpa menghilangkan kandungan nutrisinya.


Saat pertama kali memberikan makanan bayi dengan campuran wortel di dalamnya, mulailah dengan jumlah kecil agar ia terbiasa dengan rasanya. Untuk mencegah kebosanan, variasikan sayuran sehat ini dengan bahan-bahan lainnya yang tentu saja aman dan bermanfaat untuk pertumbuhan si Kecil tercinta.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar