Jumat, 17 April 2020

Mengapa Melahirkan Secara Normal Terasa Sakit? Yuk Simak!!


Melahirkan merupakan proses yang menyakitkan dan bahkan dapat mengancam jiwa seorang ibu. Namun, seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia kedokteran dan farmasi membuat rasa sakit proses melahirkan bisa diminimalisir. Meski demikian, tetap saja kemajuan teknologi itu tidak bisa menghilangkan sama sekali rasa sakit ibu yang diderita ibu melahirkan. Sebenarnya apa yang menyebabkan melahirkan normal terasa sakit?
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rasa sakit yang dialami seorang ibu yang melahirkan secara normal. Kekuatan kontraksi (yang akan terus meningkat selama persalinan), ukuran serta posisi bayi, juga lamanya proses melahirkan menjadi penentu. Sakit yang dirasakan ibu yang hendak melahirkan bisa terasa seperti kram di perut, pangkal paha, dan punggung, disertai rasa pegal. Nah, saat sudah mulai terjadi kontraksi, maka otot rahim mulai bekerja.
Seperti diketahui, rahim memiliki banyak lapisan otot. Saat waktu persalinan tiba, otot-otot  inilah yang akan berkontraksi dengan kuat untuk mengeluarkan bayi. Kontraksi otot rahim inilah yang menjadi sumber utama dari sakit yang momy rasakan saat persalinan. Saat proses melahirkan, terjadi pula tekanan pada perineum, kandung kemih, dan usus. Hal ini karena kepala bayi terus menekan untuk mencari jalan keluar. Ini juga menambah rasa sakit yang ditanggung ibu.
Sakit yang dirasakan ibu saat melahirkan bisa berbeda-beda pula dari tiap kehamilan yang dijalaninya. Hal ini disebabkan oleh faktor keturunan, pengalaman (pernah melahirkan sebelumnya), juga kemampuan si ibu dalam menahan rasa sakit.  Kecemasan dan kekhawatiran yang dirasakan Bumil menjelang persalinan dapat memperburuk rasa sakit yang diderita. Sebaliknya, kondisi psikiss yang rileks dengan adanya dukungan keluarga terutama suami akan membuat Bumil lebih santai menghadapi persalinan, sehingga toleransi terhadap rasa sakit pun makin besar.
Mengurangi rasa sakit saat melahirkan pun bisa diupayakan. Caranya beragam mulai dari anestesi lokal atau regional. Anestesi lokal digunakan oleh dokter untuk meredakan rasa sakit pada vagina ataupun di sekitar vagina. Obat ini biasanya diberikan untuk mengurangi rasa sakit jika diperlukan sayatan di daerah sekitar vagina atau episiotomi. Namun tentu tidak mengurangi sakit akibat kontraksi rahim. Sementara anestesi epidural, diberikan melalui suntikan di rongga saraf tulang belakang. Obat bius epidural mulai bekerja dalam waktu 10-20 menit setelah obat disuntikkan.
Metode persalinan alami juga diklaim dapat meringankaan sakit saat melahirkan. Metode bersalin dalam air (water birth) misalnya, dipercaya dapat membuat nyeri terkait kontraksi rahim menjadi lebih ringan dan ibu hamil pun merasa lebih nyaman. Penting kiranya untuk mempelajari proses persalinan, agar moms lebih siap. Dengan demikian, toleransi moms atas rasa sakit semakin besar, sehingga potensi untuk melahirkan dengan minim rasa sakit menjadi lebih tinggi.
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar