Rabu, 22 April 2020

Tepati Jadwal Imunisasi, Meski COVID-19 Mewabah

Pandemi virus Corona berimbas pada banyak hal, tak terkecuali jadwal imunisasi anak. Tidak sedikit orang tua yang ragu membawa anaknya ke rumah sakit atau puskesmas untuk melakukan imunisasi karena takut tertular virus yang sudah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia ini.


Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menginstruksikan agar pelayanan imunisasi untuk anak tetap berjalan sesuai jadwal, meski saat ini Indonesia tengah dirundung wabah COVID-19 Bila melewatkan imunisasi, anak dikhawatirkan menjadi rentan tertular penyakit ini dan mengalami sakit berat. 

Oleh karena itu, moms perlu melengkapi imunisasi Si Kecil sesuai jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah, ya. Berikut ini adalah jadwal pemberian imunisasi dasar yang wajib diberikan kepada anak sesuai usianya:

·         Usia 0 bulan: vaksin hepatitis B 0 + OPV 0 (oral poliovirus vaccine)
·         Usia 1 bulan: vaksin BCG
·         Usia 2 bulan: vaksin pentavalent 1 (vaksin DPT + hepatitis B + Hib) + OPV 1
·         Usia 3 bulan: vaksin pentavalent 2 + OPV 2
·         Usia 4 bulan: vaksin pentavalent 3 + OPV 3 + IPV
·         Usia 9 bulan: vaksin MR 1 (vaksin campak)
·         Usia 18 bulan: vaksin pentavalent 4 + OPV4 + MR 2

Sebagai catatan, vaksin pentavalent + OPV dapat diganti dengan vaksin hexavalent, yaitu gabungan antara vaksin pentavalent dan IPV (inactivated poliovirus vaccine) yang dapat diberikan dalam 1 kali suntik. Selain imunisasi di atas, ada juga jadwal imunisasi tambahan yang bisa diberikan pada anak, yaitu:

-        Usia 2 bulan: PCV 1 (pneumococcal conjugate vaccine)
-        Usia 4 bulan: PCV 2
-        Usia 6 bulan: PCV 3 + vaksin influenza 1
-        Usia 7 bulan: vaksin influenza 2

Jika keadaan tidak memungkinkan bagi moms atau Si Kecil untuk keluar rumah, imunisasi tambahan bisa ditunda paling lama 1 bulan. Namun, sebisa mungkin usahakan agar imunisasi dasar tetap diberikan sesuai jadwal

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar