Kamis, 23 April 2020

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap Ketika Berpuasa


Selain menahan haus dan lapar, tantangan lain yang harus dihadapi saat berpuasa adalah masalah bau mulut. Pasalnya, tidak makan dan minum selama berjam-jam dapat membuat mulut mengeluarkan bau tidak sedap.

Bau mulut saat puasa biasanya dipicu oleh kondisi rongga mulut yang kering. Mulut kering ini disebabkan oleh produksi air liur yang berkurang karena tidak adanya makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut selama berpuasa.

Air liur berperan penting untuk membersihkan sisa makanan dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Berkurangnya air liur membuat bakteri di rongga mulut berkembang biak dengan pesat.

Ketika hal ini terjadi, bakteri akan banyak menghasilkan gas yang menimbulkan bau tidak sedap, sehingga memicu bau mulut.
Selain karena mulut kering, bau mulut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya, yaitu:

-        Jarang menggosok gigi dan membersihkan lidah
-        Masalah pada gigi dan mulut, termasuk gigi berlubang, radang gusi, dan sariawan
-        Masalah pada rongga hidung dan tenggorokan, seperti sinusitis dan radang amandel
-        Konsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti bawang, terasi, dan petai
-        Penyakit tertentu, seperti penyakit asam lambung (GERD), diabetes, penyakit ginjal, gangguan hati, atau infeksi saluran pernapasan


Hal-hal di atas itulah yang menyebabkan bau mulut tak sedap ketika berpuasa. Nah, mulai dari sekarang rajinlah sikat gigi setelah sahur dan setelah berbuka puasa ya, moms. Dan perhatikan makanan yang moms konsumsi juga.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar