Senin, 20 April 2020

Cara Melatih Anak Berpuasa Agar Anak Tamat Puasa dengan Menyenangkan


Hai moms, sebentar lagi kan mulai masuk ramadhan nih, adakah momy disini yang mulai melatih anaknya untuk berpuasa? Melatih anak untuk berpuasa adalah hal yang gampang-gampang susah. Dengan datangnya Ramadan, mungkin Si Kecil tentu punyah keinginan untuk ikut berpuasa. Namun, kondisi tubuhnya yang masih belum terbiasa menahan lapar bisa saja membuat niatnya luntur.


Jangan langsung marah-marah saat Si Kecil berniat membatalkan puasanya karena haus dan lapar. Cobalah momy lakukan hal ini untuk bisa membuatnya bertahan dan menamatkan puasanya.

Beri alasan mengapa harus puasa
Anak-anak harus paham alasan mengapa mereka harus berpuasa. Berikan penjelasan yang mudah dicerna oleh anak. Jelaskan kepada mereka apa makna dari puasa yang dilakukan sepanjang Ramadan dengan cara menyenangkan. Bisa melalui cerita atau video.
Libatkan anak dalam kegiatan selama puasa
Agar anak merasa bahwa puasa merupakan bagian dari kesehariannya, libatkanlah mereka. Misalnya beri tugas untuk menyiapkan air putih saat berbuka, menggelar sajadah untuk sholat berjamaah, dan yang lainnya. Mintalah anak untuk melakukan hal tersebut dengan cara yang menyenangkan ya. Bukan dengan memerintah dan menyuruh-nyuruh.
Motivasi anak untuk puasa
Banyak cara yang bisa momy lakukan untuk memotivasi Si Kecil supaya bisa puasa selama sebulan. Salah satunya dengan memberikan reward di akhir Ramadan. Selain itu, momy juga bisa menjelaskan bahwa Ramadan adalah saatnya menyucikan diri. Dan pada Idul Fitri nanti, kita akan terlahir kembali menjadi pribadi yang baru dan bersih.
Puji keberhasilannya
Jangan ragu beri pujian kepada Si Kecil jika dia berhasil menamatkan puasanya hari ini. Ini juga akan jadi motivasi Si Kecil untuk bisa tamat pausa selama sebulan penuh.
Lakukan kegiatan untuk mengalihkan rasa laparnya
Si Kecil mungkin akan mengeluh lapar atau haus di tengah hari. Alihkan perhatiannya dengan kegiatan lain. Misalnya dengan bermain mainan kesukaannya, membacakan dongeng, dan yang lainnya.


Itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu Si Kecil tamat puasa selama sebulan penuh. Tetap semangat melatih sikecil berpuasa moms, Selamat mencoba!

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar