Selasa, 21 April 2020

Apakah Normal Bayi Mendengkur Saat Tidur ?


Bayi baru lahir memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah dan rentan terkena gangguan kesehatan. Pada orangtua baru, kondisi bayi yang dirasa tidak normal pasti akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Salah satunya masalah tidur. Sering dijumpai, bayi mengeluarkan suara seperti mendengkur saat tidur. Apakah hal itu sesuatu yang normal?
Bayi yang lahir dengan usia kehamilan cukup umur memiliki organ tubuh yang telah dapat berfungsi dengan baik, termasuk fungsi pernapasan dan pencernaannya. Bayi sudah segera bisa bernapas sendiri dengan paru-parunya begitu dilahirkan ke dunia. Meski demikian, sistem pernapasan bayi baru lahir tentu belum sematang pada bayi yang lebih tua atau bahkan orang dewasa. Tak perlu panik saat menjumpai bayi mengeluarkan suara seperti mendengkur saat tidur. Menurut para ahli tumbuh kembang anak, hal itu termasuk normal terjadi.
Suara dengkuran halus saat tidur pada bayi bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, akibat bunyi dari gas di dalam perut yang bayi hirup ketika menyusu. Aktivitas menyusu dapat menimbulkan gas dan tekanan di perut bayi. Karena bayi masih belum tahu bagaimana cara mengeluarkan gas tersebut,  maka gas ini disalurkan melalui dengkuran saat tidur. Selain itu, suara dengkuran halus pada bayi yang sedang tidur juga dapat disebabkan karena saluran pernapasan bayi yang kecil sehingga suara napasnya terdengar sangat jelas. Dengkuran halus saat tidur pada bayi dapat menghilang seiring bertambahnya usia. Saluran pernapasan yang makin matang, juga bayi yang mulai belajar untuk bersendawa.
Lepas dari fakta bahwa bayi tidur mendengkur adalah suatu yang normal, orangtua juga tetap harus memperhatikan kebiasaan tersebut. Mendengkur bisa jadi bukan sesuatu yang normal jika dialami oleh bayi berusia enam bulan ke atas. Mendengkur saat tidur bisa jadi merupakan tanda masalah kesehatan seperti asma, sepsis, bahkan gagal jantung. Untuk itu, perhatikan kemungkinan adanya tanda-tanda gangguan pernapasan lainnya seperti perubahan warna lidah dan kulit membiru, penurunan berat badan, demam, atau sulit bernapas. Jika bayi mengalami hal tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan evaluasi menyeluruh.
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar