Selasa, 03 Maret 2020

Tips untuk menyiasati ASI rembes saat hamil

Keluarnya ASI pada masa kehamilan adalah hal yang wajar dialami oleh beberapa perempuan. Peristiwa ini dapat terjadi karena protein pembentuk ASI sudah mulai diproduksi oleh kelenjar susu sejak usia kehamilan menginjak 16 minggu. Tenang saja mom, cairan yang keluar dari payudara saat masa kehamilan bukanlah kolostrum. Pada saat calon bayi nanti lahir, kolostrum secara otomatis tetap akan keluar dengan sendirinya.

Keluarnya ASI atau rembes ASI ini terasa mengganggu. Apalagi jika hal tersebut terjadi pada saat berada dalam sebuah acara di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang. Maka, berikut ini akan disampaikan beberapa tips untuk menyiasati ASI rembes saat hamil.
a)    Gunakan Bantalan Payudara
Untuk mengatasi rembesan ASI yang dirasa berlebih dan mengganggu, cobalah gunakan bantalan payudara, baik dari kain, tisu maupun model breast pad sekali pakai yang praktis. Bantalan ini berfungsi untuk mencegah timbulnya bekas noda susu pada pakaian.
Sering-sering ganti bantalan payudara. Hal ini untuk menghindari bau tidak sedap dari ASI yang menumpuk lama dan agar kulit payudara tidak lembab sehingga bisa memicu infeksi jamur. Jangan malas untuk jaga kebersihannya ya!
b)    Pakai Bra Khusus
Pakailah bra khusus untuk masa kehamilan yang berbahan nyaman serta tidak terlalu ketat. Opsi lainnya adalah Ibu bisa juga menggunakan model sport bra.
c)     Hindari Aktivitas Perangsang
Hindari melakukan pemijatan atau pemerasan payudara. Kegiatan ini justru akan merangsang cairan payudara yang keluar makin banyak. Jika payudara Ibu merasa lebih kencang atau agak keras lebih baik agar mengompresnya saja bukan memijat. Lakukan pengompresan dengan menggunakan air hangat.
d)    Pilih Pakaian yang Sesuai
Gunakan pakaian yang berbahan tebal, berwarna gelap serta bermotif untuk menyamarkan ASI yang mungkin rembes di baju. Hindari pilih pakaian yang berbahan tipis dan memiliki warna terang. Ibu bisa juga menyiasati kondisi ini dengan menambah aksesoris pakaian seperti jaket, kardigan, atau syal.


Mudah kan mom, tips-tipsnya? Yuk, mulai terapkan dan hilangkan kecemasan akibat ASI rembes saat hamil!
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar