Selasa, 10 Maret 2020

Apakah Benar Kandungan ASI Mengikuti Jenis Kelamin Bayi?


Ada yang beranggapan rasa ASI bisa berubah tergantung dengan jenis kelamin bayi. Jadi rasa ASI ibu yang melahirkan bayi perempuan akan berbeda dengan laki-laki. Apakah benar demikian?

ASI merupakan zat yang dinamis dan berubah tergantung pada usia dan kebutuhan bayi. Zat dalam ASI sebenarnya bervariasi pada masing-masing momy, bahkan tergantung apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

Ahli biologi evolusi di Harvard University dalam penelitiannya menemukan bahwa anak perempuan menghasilkan lebih banyak kalsium dalam ASI mereka. ASI ibunya pun akan memiliki lemak dan protein lebih tinggi, tetapi konsentrasi gula lebih rendah.

Pada anak laki-laki sendiri, pola menyusuinya memang berbeda dengan anak perempuan. Dan, hal ini pun dapat mengubah komposisi ASI yang dihasilkan ibu.

Seperti diketahui, sinyal hormon dari janin yang sedang berkembang dapat memengaruhi payudara untuk memengaruhi ASI yang diproduksi saat bayinya lahir. Konsultan laktasi dan salah satu founder Imalac menuturkan bahwa nilai gizi ASI yang dihasilkan ibu didasarkan pada apa yang dibutuhkan setiap bayi.

Menurut beberapa penelitian dan temuan, ibu menyusui dengan bayi laki-laki dikatakan memproduksi ASI yang lebih padat gizi. Namun, sepengetahuan Kish bahwa ASI terus berubah berdasarkan kebutuhan bayi, terlepas dari jenis kelaminnya.

Dan seiring pertumbuhan bayi, komposisi ASI akan bergeser dan bahkan bervariasi dari tahapan menyusuinya. ASI juga bervariasi dari setiap ibu karena pola makan dan profil seseorang yang berbeda, tetapi biasanya tidak dari bayi ke bayi.

Meski adanya sedikit perbedaan nutrisi dalam ASI yang diproduksi untuk anak laki-laki dan perempuan, Kish mengatakan tidak perlu menyesuaikan praktik pemberian ASI untuk jenis kelamin tertentu, seperti dikutip dari laman Romper.


Sebab, pendekatan akan bervariasi berdasarkan kebutuhan individu bayi atau jadwal ibu, tetapi tak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Setiap bayi pun akan memiliki kebiasaan makan sendiri, jadwal, posisi favorit menyusui, dan hal yang disukai serta tak disukai yang membuat mereka unik.
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar