Selasa, 11 Februari 2020

Pencegahan anemia pada ibu hamil

Salah satu gangguan ibu hamil yang cukup sering terjadi adalah anemia. Seperti yang diketahui bahwa anemia merupakan kondisi dimana adanya penurunan sel darah merah atau hemoglobin dari nilai normal. Kondisi ini tentu perlu dicegah dan dihindari untuk terjadinya anemia pada ibu hamil, karena anemia pada ibu hamil dapat berbahaya bagi ibu dan janin, sebab, anemia dapat meningkatkan kejadian kematian pada ibu dan janin serta dapat menyebabkan penyakit lainnya yang dapat mempengaruhi ibu dan janin. berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat mencegah anemia pada ibu hamil:
Melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin
Kontrol kehamilan merupakan salah satu cara pencegahan anemia pada ibu hamil yang paling baik. Dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala, maka gangguan kehamilan seperti anemia pada ibu hamil ataupun gangguan-gangguan lain yang dapat membahayakan ibu dan janin dapat dideteksi sejak dini.
Konsumsi makanan tinggi zat besi yang cukup
Zat besi memiliki peranan penting selama kehamilan, khususnya pada pasien dengan anemia. Zat besi bisa didapatkan dari makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging, kacang-kacangan, sayuran dan buah.
Konsumsi asam folat
Asam folat dapat mudah ditemukan pada makanan seperti Jeruk, pisang dan sayur-sayuran. Asam folat juga bisa didapatkan dari suplemen asam folat yang diberikan oleh dokter dalam bentuk tablet dan dapat dikonsumsi sebelum kehamilan.
Konsumsi Vitamin B12 dan Vitamin C
Vitamin B12 dan Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan kadar zat besi dan sel darah merah dalam tubuh. Vitamin-vitamin tersebut dapat ditemukan pada susu dan makanan lain seperti jeruk dan lainnya.
Anemia pada ibu hamil dapat dicegah apabila dapat dideteksi sejak dini sehingga tidak akan terjadi komplikasi lanjutan. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan yang baik dari ibu, keluarga dan tenaga kesehatan dalam mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil sehingga dapat menjaga kondisi ibu dan janin agar tetap sehat.
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar