Senin, 10 Februari 2020

Cara mengatasi anemia bagi ibu hamil

Upaya yang bisa ibu hamil lakukan ketika terkena anemia, berikut beberapa hal untuk mengatsi anemia pada ibu hamil: 

Makan makanan bernutrisi khusus
Untuk mengatasi anemia pada ibu hamil, dokter mungkin menyarankan agar m mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi tinggi, khususnya yang kaya zat besi dan asam folat setiap hari. Seperti makanan yan ada di bawah ini:
·       Daging (sapi atau unggas) rendah lemak yang dimasak matang
·       Makanan laut seperti ikan, cumi, kerang, dan udang yang dimasak matang
·       Produk susu yang telah dipasteurisasi
·       Kentang
·       Sayuran daun hijau, seperti bayam, brokoli, seledri, buncis, lobak hijau, atau selada
·       Keluarga jeruk
·       Alpukat, pepaya, pisang
·       Kacang-kacangan
·       Biji bunga matahari (kuaci)
·       Gandum
·       Kuning telur

Mengonsumsi vitamin C lebih banyak
Anemia pada ibu hamil bisa diatasi dengan mengonsumsi sayur dan buah tinggi vitamin C, seperti jeruk, stroberi, kiwi, brokoli, kembang kol, tomat, dan paprika. Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan secara lebih efisien.
Minum suplemen
Sebagai langkah awal pengobatan anemia pada ibu hamil, dokter akan menyarankan mom untuk mulai minum suplemen zat besi, vitamin B12, dan asam folat sebagai tambahan vitamin prenatal.
Minum dosis pertama suplemen sebaiknya di pagi hari agar tidak memperparah sensasi mual muntah karena morning sickness. Jika harus diminum setelah makan, tunggu satu jam dulu baru telan vitamin mom agar tidak merasa mual. Ibu hamil juga bisa minum suplemen sebelum tidur untuk mengurangi risiko mual setelahnya. Jangan lupa minum banyak air setelah menelan vitamin untuk mengurangi anemia pada ibu hamil.
CDC merekomendasikan, ibu hamil yang memiliki anemia untuk mengonsumsi suplemen besi sebanyak 30 mg per hari sejak cek kandungan pertama kali untuk mencegah anemia defisiensi besi. Sementara untuk suplemen folat anemia pada ibu hamil, WHO dan Kemenkes RI merekomendasikan minum dosisnya sebanyak 400 mcg/hari.

Sebaiknya hal ini dilakukan sesegera mungkin begitu akan merencanakan kehamilan dan terus dilanjutkan sampai 3 bulan setelah melahirkan.
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar