Kamis, 13 Februari 2020

Jenis makanan yang bisa menyebabkan eksim pada bayi dan anak


Eksim adalah peradangan kulit yang ditandai dengan kulit gatal, ruam atau bintik merah dan kering, bahkan menebal dan mengelupas hingga pecah-pecah. Banyak yang percaya kalau makanan juga bisa menjadi penyebab eksim pada bayi. Mungkin momy juga mengira kalau eksim adalah salah satu respon dari alergi makanan pada anak. Makanan bisa saja menjadi pemicu munculnya eksim pada anak.
Makanan sama-sama bisa menimbulkan alergi maupun dermatitis. Meski demikian, bayi atau anak yang punya eksim memang berisiko lebih besar untuk juga memiliki alergi terhadap makanan. Biasanya, alergi makanan akan menimbulkan gejala yang cepat terlihat, dalam hitungan menit atau jam saja. Gejala dermatitis pada bayi biasanya tidak akan muncul langsung setelah bayi mengonsumsi makanan atau minuman pemicu.
Makanan yang momy makan bisa menjadi penyebab eksim pada bayi. ASI bukanlah makanan penyebab eksim pada bayi. Faktanya, ASI masih menjadi makanan terbaik bayi hingga ia berusia 6 bulan. Namun memang, makanan yang mom konsumsi harus diperhatikan dengan benar. Pasalnya hal ini dapat memengaruhi kemunculan eksim pada bayi.
Jika momy sedang menyusui dan bayi masih dalam masa ASI eksklsif – tidak mengonsumsi apapun selain ASI – maka sebaiknya momy harus menghindari makan makanan seperti:
·       Kacang
·       Kerang
·       Susu sapi
·       Makanan yang mengandung zat aditif

Makanan tersebut adalah makanan yang dapat memicu eksim pada bayi, meski ibu yang mengonsumsinya.
Jika usia bayi sudah lebih dari 6 bulan dan mulai makan makanan padat, maka ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya momy hindari untuk tidak memperparah kondisi dermatitis atopik pada bayi, seperti:
ü  Telur
ü  Susu sapi
ü  Gandum
ü  Kedelai

Terkadang dalam beberapa kasus, gejala eksim pada bayi yang muncul tidak akan langsung terlihat setelah ia makan makanan pemicu eksim. Tidak seperti alergi yang langsung akan memunculkan gejala. Bahkan gejala eksim bisa saja terlihat beberapa hari setelah makanan pemicu tersebut dimakan.
 
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar