Minggu, 09 Februari 2020

Hal yang harus ibu hamil hadapi di trimester pertama


Kehamilan memang membuat perempuan menjadi lebih sumringah. Tetapi itu awalnya saja, ketika baru melihat tanda positif di test pack. Sesudah itu, momy harus bersiap - siap menghadapi segala perubahan yang terasa pada tubuh momy. Semuanya terasa aneh dan semakin lama semakin mengganggu. Momy jadi tidak mampu bergerak secepat biasanya. Apa saja perubahan kehamilan di trimester pertama yang akan momy alami??
Nyeri payudara
Ibu hamil kadang terlalu fokus pada perubahan di perutnya. Sebenarnya perut belum terlalu membuncit di 3 bulan pertama. Justru yang sangat berubah adalah kondisi payudara. Teksturnya jadi sangat lembut, jadi lebih sensitif, kadang muncul nyeri dan ukurannya tentu jadi lebih besar. Kadang hal itu disertai dengan perubahan mood, tumbuhnya jerawat, mirip seperti akan datang bulan.
Mual dan ngidam
Ibu hamil akan sangat sensitif terhadap bau-bauan. Saat mencium aroma menusuk bisa langsung mual bahkan muntah, hal ini karena hormon kehamilan mulai bekerja dan membuat indera jadi lebih sensitif. Ada juga keadaan di mana momy sangat ingin mengonsumsi sesuatu yang ringan.
" Saat hamil organ pencernaan bekerja lebih lambat, sehingga cenderung sangat pemilih dalam hal makanan," ujar seorang bidan.
Kelelahan
Momy juga akan mengalami kelelahan ekstrem karena tingkat metabolisme atau jumlah energi yang terbakar jauh di atas normal. Kondisi tersebut akan berakhir di trimester kedua. Tapi jika kelelahan terus terjadi di usia kehamilan 4 bulan, segera berkonsultasi. Bisa jadi ibu hamil mengalami kekurangan zat besi.
Konseling genetik
Pasangan yang riwayat keluarganya memiliki kelainan bawaan sebaiknya melakukan konseling genetik. Terutama jika usia momy di atas 35 tahun. Pasalnya risiko cacat janin bisa menjadi tinggi jika ada masalah genetik dalam keluarga atau usia ayah maupun ibu yang sudah di atas 35 tahun.
Nah diatas adalah yang perlu momy ketahui dan yang akan momy alami ketika kehamilan di trimester pertama. Momy harus selalu semangat ya dalam mengalami perubahan kehamilan di trimester pertama ini.
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar