Rabu, 05 Februari 2020

Cara mengatasi ibu hamil yang susah tidur


Apakah Bumil merasa sulit tidur atau tidur tidak nyenyak? Jika jawabannya iya, ada beberapa cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil yang bisa dicoba. Cara-cara tersebut mudah dilakukan dan bisa Bumil aplikasikan di rumah.

Ada banyak tips yang bisa momy coba untuk mengembalikan kualitas tidur, seperti:
Atur jadwal tidur
Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Rutinitas bangun dan tidur pada jam yang sama akan merangsang tubuh untuk menciptakan alarmnya sendiri. Agar tubuh rileks dan mengantuk, minum segelas susu atau teh herbal hangat sebelum tidur. Pastikan porsi minuman tidak terlalu besar untuk menghindari keinginan buang air kecil di malam hari sehingga jadwal tidur tidak berantakan lagi.
Perhatikan asupan makanan dan minuman
Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein, terutama di jam tidur. Jangan mengonsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur untuk menghindari sakit maag dan gangguan pencernaan lain di malam hari. Cukupi asupan air harian untuk tubuh, namun sebaiknya batasi konsumsi air menjelang tidur untuk mencegah keinginan bolak-balik ke toilet.
Rileks
Cobalah berendam air hangat. Jika memungkinkan, minta tolong suami untuk memberikan pijatan lembut pada tubuh. Sebagai alternatif lain, momy juga bisa mencoba yoga atau mendengarkan musik instrumen yang menenangkan.
Kondisikan kamar tidur
Matikan ponsel, tablet, laptop, dan cabut kabel TV. Buatlah kamar tidur menjadi tempat khusus untuk tidur. Sebelum berbaring di tempat tidur, pastikan suhu kamar sudah sesuai dan nyaman untuk tidur. Untuk meminimalkan cahaya dan kebisingan ketika tidur, momy bisa menggunakan tirai tebal, masker mata dan penutup telinga.
Posisi tidur harus nyaman
Jika diperlukan, gunakan bantal untuk menyangga punggung dan perut. Baringkan badan di sisi kiri untuk membantu melancarkan aliran darah dan nutrisi pada bayi.

Nah, itulah yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur pada ibu hamil. Ingat, waktu tidur berkualitas sangat berguna untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin. Jadi, ada baiknya setiap gangguan tidur harus segera diatasi, ya mom.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar