Rabu, 05 Februari 2020

Berbagai Penyebab Susah Tidur Malam Saat Hamil Muda

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah sulit tidur. Efeknya, istirahat pun jadi kurang dan tubuh momy sangat mudah lemas. Padahal istirahat cukup merupakan salah satu hal yang penting untuk momy. Selain bantu membuat tubuh rileks, istirahat juga menunjang tumbuh kembang janin. Oleh sebab itu, momy perlu memahami apa saja pemicu sulit tidur.
Berikut beberapa alasan susah tidur malam saat hamil muda:
·        Kram kaki
Kram kaki juga bisa jadi masalah dan menyebabkan pola tidur ibu terganggu. Kram kaki biasanya muncul di trimester kedua terutama saat malam hari.
·        Perubahan fisik yang mengganggu
Payudara saat hamil biasanya akan membesar dan nyeri saat tersentuh. Posisi tidur yang menekan payudara akan membuat ibu hamil muda sulit tidur, apalagi jika ibu hamil terbiasa tidur tengkurap. Penting untuk menyesuaikan posisi tidur untuk ibu hamil muda.
·        Rasa mual
Rasa mual saat hamil muda dapat dialami sepanjang hari, termasuk malam. Rasa mual yang sering diiringi muntah, akan menyebabkan susah tidur malam atau membuat ibu hamil terbangun lebih cepat dari jadwal tidur. Biasanya ini terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.
·        Sering buang air kecil
Hormon progesteron akan memengaruhi kelenturan otot dinding organ berkemih, sehingga ibu hamil kerap merasa ingin buang air kecil. Umumnya, ibu hamil terbangun untuk buang air kecil lebih dari satu kali pada malam hari. Hal ini tentunya akan mengganggu waktu tidur malam.
·        Nyeri ulu hati
Nyeri ulu hati dapat mengganggu tidur ibu hamil muda, bahkan membuat sang ibu tetap terbangun sepanjang malam. Apalagi ditambah nyeri akibat wasir. Kondisi ini juga bisa menambah kesulitan ibu hamil muda untuk jatuh tertidur.


Tidur tak sekadar mengistirahatkan tubuh. Tidur juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengurangi stres hingga menjaga fungsi organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, tiap orang wajib mendapatkan tidur cukup setiap harinya.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar