Senin, 17 Februari 2020

Cara Menangani Cegukan pada Bayi dengan Cepat


Cegukan pada bayi disebabkan oleh kontraksi diafragma dan penutupan pita suara yang cepat. Penutupan pita suara yang cepat inilah yang menciptakan suara cegukan.

Cegukan cenderung mengganggu orang dewasa, banyak orang menganggap cegukanpada bayi juga mengganggu. Namun, bayi biasanya tidak terpengaruh saat mengalami cegukan.
Faktanya, banyak bayi bisa tidur dengan nyenyak tanpa terganggu dengan kondisi tersebut dan cegukan pada bayi jarang mengganggu atau berdampak pada pernapasan bayi.
Tapi, kendati begitu, rasanya kasihan ya mom melihat baby terus menerus cegukan. Tidak ada salahnya kita membantu menghentikannya.
Ternyata, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi cegukan pada baby. Berikut ulasannya
Gunakan Dot atau Empeng
Cegukan pada bayi tidak selalu dimulai dari menyusui. Saat bayi mulai cegukan dengan sendirinya, coba biarkan mereka mengisap dot atau empeng, karena akan membantu merilekskan diafragma dan dapat membantu menghentikan serangan cegukan.
Biarkan Berhenti Sendiri
Seringkali cegukan pada bayi akan berhenti dengan sendirinya. Jika cegukan tersebut tidak mengganggu Si Kecil atau ia tetap nyaman, maka biarkan cegukan berhenti sendiri.
Susui dengan Benar
Posisi menyusui yang tepat benar bisa membuat diafragma baby lebih rileks sehingga cegukan bisa teratasi dengan cepat. Biasanya cegukan pada bayi yang terjadi saat menyusu bisa jadi posisi menyusui momy tidak benar, maka, ubah posisi menyusui.
Buat Bayi Merasa Hangat
Cegukan bisa menjadi penyebab bayi kedinginan. Kita bisa mencoba membuat ruangan hangat, coba matikan kipas ataupun AC dalam ruangan atau bawa ke ruangan yang lebih hangat, jika terjadi pada pagi hari kita bisa menjemurnya pastikan kita menggendong dengan mendekap dan mengusap-ngusap punggungnya dengan lembut.
Kondisi cegukan ini sebenarnya bukan sesuatu yang perlu kita khawatirkan, selama tidak mengganggu baby, tidak membuat rewel, tidak menyebabkan muntah, dan tidak membuatnya tidak mau menyusu.
Kecuali, jika cegukan berlangsung lama, ia tidak nyaman dan terganggu, maka kita perlu khawatir dan berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi kondisi ini menunjukkan masaah yang serius.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar