Kamis, 23 Januari 2020

Panduan Pemberian Kombinasi ASI dan Susu Formula kepada si baby


Sebagian momy memilih untuk memberikan ASI dan susu formula secara bergantian pada baby. Mungkin alasan momy melakukan hal ini, karena ASI yang kurang lancar. Sebenarnya mengombinasikan pemberian ASI dan susu formula pada baby tidak mudah untuk dilakukan. Alasannya mulai dari perbedaan sensasi yang dirasakan baby saat mengonsumsi susu formula dari botol dengan menyusu langsung, hingga perbedaan rasa ASI dan susu formula. Jika momy berencana memberikan ASI bersama dengan susu formula, yuk baca panduannya berikut ini.

1. Stabilkan pemberian ASI lebih dulu
Momy dianjurkan untuk tetap mencoba memberikan ASI eksklusif selama 4-6 minggu pertama setelah Si Kecil lahir.

2. Lakukan secara bertahap
Saat akan mulai mencoba memberikan susu formula sebagai pendamping ASI, momy hanya perlu sedikit demi sedikit mulai mengurangi pemberian ASI, agar payudara tidak menjadi bengkak dan mengalami mastitis.

3. Mulai dengan mengganti satu waktu pemberian susu
Kombinasi pemberian ASI dan susu formula bukan berarti keduanya dicampur dalam satu waktu. Momy dapat mulai dengan mengganti salah satu waktu menyusui dengan memberikan susu formula.

4. Pilih waktu yang tepat
Saat akan memberikan botol susu formula untuk pertama kalinya, cari waktu saat baby sedang tenang dan senang, bukan saat baby lapar. Lebih baik jika susu formula diberikan bukan oleh momy, agar Si baby bisa membedakannya dari aktivitas menyusui.

5. Lebih mudah setelah pemberian makanan pendamping ASI
Lebih mudah jika susu formula mulai diperkenalkan saat bayi berusia di atas 6 bulan, karena frekuensi dan kadar ASI yang dikonsumsi baby akan berkurang. Saat baby mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), momy bisa mulai memberikan Si baby air putih sebagai selingan.

6. Tetap sabar mencoba
Jika baby menolak diberikan susu formula, momy bisa mencobanya lagi di lain waktu atau dengan bentuk botol berbeda. Bayi mungkin akan menolak untuk minum susu dari botol karena sudah merasa nyaman dan terbiasa menyusu dari payudara. Sebaliknya, bayi yang lebih sering minum dari botol bisa jadi tidak mau lagi menyusu dari payudara.


Dengan panduan di atas, diharapkan momy dapat mengombinasikan ASI dan susu formula dengan lebih mudah. Jika Si Kecil tampak tidak tidak nyaman atau mengalami konstipasi setelah mengonsumsi susu formula, sebaiknya segera hentikan pemberian susu formula. Bagi momy yang asi nya mulai tidak lancar, yuk konsumsi susu almond dari produk kami yaitu susu almond new drinking.


Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami


 PESAN VIA WHATSAPP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar