Senin, 17 Agustus 2020

Tempat yang Tidak Aman dan Berbahaya untuk Tidur Bayi

 Beberapa kasus kematian bayi terjadi saat tidur. Untuk itu, saat menempatkan bayi di tempat tertentu untuk tidur, jangan hanya memperhatikan kenyamanannya saja tapi juga keamanannya.

Kini banyak bayi-bayi dibiarkan tidur di baby gear, padahal ada risiko sesak napas atau jatuh yang bisa membahayakan nyawanya. Ada 4 area yang sebaiknya jangan dijadikan tempat tempat tidur untuk bayi.

1. Bouncy seat
Tempat duduk bergerak ini memang jadi tempat yang menyenangkan buat bayi. Terutama karena bunyi-bunyi, gerakan hingga mainan yang digantung. Tapi bukan tempat yang aman untuk tidur bayi.

Bouncy seat tidak dirancang sebagai tempat tidur bayi. Pada bayi usia 3 bulan yang otot lehernya belum cukup kuat bisa berbahaya jika terlalu lama di bouncy seat. Belum lagi bagi bayi yang sudah cukup aktif, bisa saja ia terguling dan jatuh dari bouncy seat.

2. Car seat yang tidak di mobil
Banyak orang beranggapan kalau car seat jadi tempat paling nyaman dan aman untuk bayi tidur meski ketika tidak di mobil. Car seat dirancang untuk perjalanan jarak pendek dan bukan untuk tidur lama. Bayi bisa sesak napas dan mengalami sakit leher dan punggung jika terlalu lama di cara seat. Jadi, jangan biarkan bayi tidur di car seat, segera pindahkan ke tempat tidur jika sudah terlelap.

3. Sofa
Mungkin bagi Anda sofa adalah tempat nyaman untuk tidur. Tapi bagi bayi justru sebaliknya, bisa membahayakan nyawa. Sofa cenderung sangat empuk dan ketika bayi berbalik, bantalan sofa bisa menutupi hidungnya. Untuk itu jangan biarkan bayi tidur di sofa. Segera pindahkan ke tempat yang rata dan tak terlalu empuk. Pastikan sisi-sisinya terjaga agar tidak terjatuh.

4. Ayunan

Banyak bayi yang bisa tidur nyenyak di ayunan. Ayunan memberi gerakan menenangkan untuk bayi. Meski begitu, ayunan tidak dirancang untuk tidur jangka panjang. Ayunan hanya dianggap aman untuk digunakan ketika ada orangtua yang mengawasi bayi, bukan jadi tempat untuk bayi tidur sepanjang malam tanpa pengawasan.


SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar