Kamis, 20 Agustus 2020

Cek! 5 Bagian Tubuh yang Alami Pembengkakan Saat Hamil Selain Kaki

Salah satu keluhan kehamilan yang cukup sering terjadi adalah kaki bengkak. Namun ternyata, tak hanya kaki yang sering mengalami bengkak saat hamil, beberapa bagian tubuh lainnya juga kerap bengkak.

Perlukah ini dikhawatirkan? Jangan panik berlebih, Moms, karena bagian tubuh membengkak saat hamil termasuk normal dan umum terjadi, kok. Nah, agar bumil tak bingung dengan bengkaknya beberapa bagian tubuh moms, yuk ketahui bagian tubuh mana saja yang paling sering bengkak saat hamil.

Kaki dan pergelangan kaki

Kaki bengkak selama kehamilan adalah masalah umum untuk hampir 90 % ibu hamil. Ini karena tekanan ekstrem dari perut yang berat.

Untuk mengurangi pembengkakan di kaki, Moms harus merendam kaki dalam air hangat yang ditambahkan garam.

Bibir

Bibir yang bengkak selama kehamilan terjadi karena perubahan hormon.

Pembengkakan akan berkurang dalam beberapa waktu dan jika bibir mulai pecah-pecah, Moms dapat mengoleskan minyak zaitun.

Payudara

Para ahli menyatakan bahwa pembengkakan disebabkan oleh produksi susu dan begitu bayi lahir, pembangkakan serta rasa sakit akan berkurang.

Hidung

Adalah mitos bahwa jika hidung bengkak tanda hamil bayi perempuan. 

Hidung bengkak selama kehamilan terjadi karena fluktuasi hormon. Pembengkakan akan berkurang pada saat Moms melewati trimester.

Wajah

Pembengkakan di wajah juga karena perubahan hormonal. Untuk mengurangi pembengkakan Moms dapat mengubah diet Moms dengan menambahkan beberapa makanan kaya vitamin C.

Gusi

Umum bagi ibu hamil mengalami masalah mulut yang menyebabkan gusi berdarah.

Untuk mencegah dan mengobati masalah ini, flossing gigi dan menyikat gigi dua kali sehari adalah hal terbaik untuk dilakukan.

Vagina

Ketika bayi di dalam rahim membesar dan lebih berat, beberapa perempuan akan mengalami sedikit pembengkakan di daerah vagina.

Ini karena berat badan dan cairan di dalam rahim. Biasanya dialami menjelang akhir bulan ke delapan atau ke sembilan saat bayinya lahir.

Itulah lima bagian tubuh yang alami pembengkakan selama kehamilan selain kaki. Meski begitu, tetap konsultasikan apa yang moms alami selama hamil ke dokter ya.

 SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar