Jumat, 07 Agustus 2020

7 Manfaat Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Nah, salah satu momen terpenting yang bisa membantu Ibu dalam hal ini adalah inisiasi menyusui dini setelah melahirkan. Inisiasi menyusui dini atau IMD punya banyak manfaat dari inisiasi menyusu dini, berikut beberapa diantaranya:

Membantu bayi menyusu pada ibu

Sebuah video oleh UNICEF menunjukkan bayi baru lahir berhasil menjangkau payudara ibu dan melakukan pelekatan tepat setelah lahir. Tiap bayi yang diletakkan di perut ibu segera setelah lahir memiliki kemampuan untuk menemukan payudara ibu dan memutuskan sendiri kapan si kecil mau menyusui untuk pertama kali.

Bayi lebih jarang menangis

Penelitian menunjukkan kalau bayi yang melakukan skin to skin, khususnya bersama ibu, cenderung menangis lebih sedikit dibanding bayi yang terpisah dari ibu.

Meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru bayi

Bayi yang menjalani Inisiasi Menyusu Dini cenderung memiliki tingkat jantung dan napas yang lebih normal dan lebih stabil. Manfaat ini juga terbukti pada bayi premature maupun yang cukup umur.

Meredakan rasa sakit

Penelitian pada bayi yang menjalani prosedur medis menunjukkan kalau bayi mengalami lebih sedikit rasa sakit ketika dilakukan skin to skin selama atau bahkan segera setelah prosedur medis, dan durasi sakit menjadi lebih pendek karena skin to skin.

Suhu tubuh bayi lebih stabil

Setelah lahir, bayi belum mampu untuk menjaga suhu tubuhnya. Agar badan si kecil senantiasa hangat, lakukan kontak fisik karena tubuh ibu lebih baik dibanding penghangat buatan.

Memperkuat komunikasi ibu dan bayi

Setelah bayi lahir, terutama selama Inisiasi Menyusu Dini, adalah kesempatan emas untuk orang tua belajar tentang perilaku bayi, tanda lapar, tanda kenyang, tanda tidak nyaman, dan seterusnya.

Meningkatkan ikatan ibu dan anak

Ketika ibu dan bayi tidak dipisahkan, ada kesempatan untuk saling mengenal. Sentuhan jadi hal penting agar mamalia bisa bertahan hidup, dan skin to skin memungkinkan ibu dan bayi menggunakan semua panca indera dalam memelihara hubungan baru yang penting ini.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar