Sabtu, 04 Juli 2020

Tips Menanamkan Sikap Toleran Sejak Dini

Bergaul dengan orang lain yang memiliki kesamaan dengan diri kita itu mudah. Namun bergaul dengan orang lain tidaklah mudah. Dibutuhkan sikap toleran agar pergaulan tetap harmonis. Apalagi hidup di Indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa, sikap toleran mutlak harus dimiliki setiap orang.

Sikap toleran harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak kita. Bagaimana sih caranya? Nah mari simak tips-tips berikut ini:

·         Memperluas cakrawala pengetahuan anak. Ceritakan kepada anak tentang dunia yang sangat luas. Begitu banyak orang hidup di berbagai belahan dunia, mereka berbeda antara satu dengan lainnya. Kisahkan dongeng-dongeng dan kisah inspiratif kepada anak yang berasal dari berbagai tempat. Selipkan nilai bahwa orang harus saling menghargai dalam perbedaan. Kalau anak sudah bisa membaca, belikan mereka buku-buku untuk dibaca agar memperluas cakrawala pengetahuannya.

·         Menanamkan empati. Ajak anak melihat dari sudut pandang orang lain. Ketika bertemu orang dengan kondisi tertentu di jalan, ajak anak membayangkan bila dia ada di posisi itu. Misal anak melakukan sesuatu hal yang berpotensi menyakiti orang lain, coba katakan bagaimana perasaannya kalau dirinya yang diperlakukan demikian.

·         Masuk ke lingkungan yang plural. Ini bisa dilakukan dengan sengaja memasukkan anak ke sekolah yang plural. Atau sekedar kelas menari, sepakbola, les bahasa dan lain sebagainya namun dengan audiens yang plural/heterogen. Dengan demikian anak akan belajar langsung bergaul dan menyikapi perbedaan.

·         Asah kepercayaan diri. Ahli mengatakan, seorang anak yang merasa aman dengan diri sendiri, lebih nyaman untuk mengeksplorasi dan menerima perbedaan. Mengasah dan membangun kepercayaan diri anak bisa dilakukan dengan mendorongnya melakukan aktivitas yang disukai dan sesuai potensinya. Kelebihan yang dimiliki akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Katakan pada anak, apapun yang terjadi Anda akan mendukung dan di belakangnya. Ini akan membuat dia merasa aman, nyaman dan lebih percaya diri.

·         Melakukan perjalanan. Lakukan perjalanan bersama anak ke tempat-tempat yang tak harus jauh, namun lingkungan yang berbeda dengan yang biasa dihadapi. Ini akan membiasakan anak menghadapi perbedaan. Kalau memang ada anggaran, tak ada salahnya melakukannya secara rutin setiap liburan.

·         Orangua menjadi teladan. Terakhir, orangtua harus menjadi teladan sikap toleran. Tunjukkan cara bersikap benar kepada yang berbeda di depan anak. Anak akan mencontoh apa yang dilakukan para orangtuanya.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar