Rabu, 15 Juli 2020

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Merawat Bayi Baru Lahir

Merawat bayi yang baru lahir merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan, apalagi bagi pasangan yang baru pertama kali mengalaminya. Bahkan keinginan untuk merawat bayi tanpa bantuan orangtua atau pengasuh pun lebih besar daripada sakit yang dirasakan moms pasca persalinan.

Namun, tanpa disadari, pengalaman yang minim serta kurangnya pengetahuan membuat orangtua baru seringkali melakukan kesalahan saat mengurus si Kecil. Apa saja kesalahannya? Yuk disimak ya, Ma.

Tidak menghentikan tangisan bayi

Bila si kecil menangis, terutama di malam hari, Mampaps bisa mengamatinya sejenak sebelum menggendong atau mendekatinya. Bila tangisnya tidak berhenti, bertambah keras, cek apakah si kecil mengalami masalah seperti lapar, popoknya basah, sakit perut, dll. Namun jangan membiarkan si kecil menangis terus menerus dalam jangka waktu lama tanpa dihentikan.

Menghentikan pemberian ASI lebih cepat

Ada beberapa ibu yang menghentikan pemberian ASI lebih cepat sebelum enam bulan meskipun produksi ASI nya cukup lancar. Biasanya karena pertimbangan kembali bekerja. Alangkah lebih baiknya moms tetap memberikan ASI dan tidak memberikan asupan makanan selain ASI sebelum enam bulan. MPASI dini yang justru bisa menyebabkan malnutrisi dan gangguan pencernaan pada bayi baru lahir.

Hindari penggunaan bedak

penggunaan bedak bayi tidak direkomendasikan pada bayi baru lahir. Selain kulitnya masih sensitif, beberapa penelitian juga menyebutkan bedak berbahaya bagi pernapasan bayi baru lahir. Jadi, jika kita akan menggunakan bedak pada si kecil usahakan minimal setelah bayi berusia di atas satu tahun.

Menggunakan diaper sepanjang waktu

Penggunaan diaper dalam jangka waktu yang lama atau bahkan sepanjang waktu bisa membuat si kecil tidak nyaman bahkan berisiko bayi terkena iritasi ataupun ruam popok. Jangan membiarkan si kecil menggunakan popok terlalu lama, segera ganti jika si kecil buang air kecil ataupun besar. Jadwalkan untuk mengganti diaper setiap empat jam sekali.

Mengguncangkan bayi

Saat bayi menangis kita pun terbiasa mengguncangkan atau menggoyangkan badan bayi dengan tujuan agar Ia kembali tenang dan berhenti menangis. Padahal, hal ini sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan shaken baby syndrome dikarenakan membuat organ dalam yang rapuh bisa rusak.

Nah, gimana moms jangan sampai keliru ataupun takut untuk merawat bayi baru lahir ya. Selamat merawat si kecil!

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar