Selasa, 14 Juli 2020

Kenali 5 Cara Melatih Anak Tengkurap

Setelah usianya menginjak 3–4 bulan, kekuatan otot anak sudah mulai meningkat. Bunda bisa melatih anak tengkurap lebih sering atau menambahkan durasi latihan setiap sesinya, yaitu sekitar 20–30 menit sehari.

Pada usia ini, biasanya anak sudah bisa mengangkat dadanya dari lantai dan bertumpu pada sikunya dengan kepala tegak. Tak cuma itu, sebagian anak bahkan ada yang sudah bisa berguling dari posisi tengkurap ke telentang.

Atur tempat dengan alas yang lembut dan aman

Sebelum memulai latihan tengkurap, siapkan alas yang lembut seperti kain, selimut, karpet, atau matras. Usahakan moms melakukannya di tempat yang aman dari barang-barang berbahaya, seperti gelas kaca.

Lakukan perlahan-lahan di awal latihan

Di awal proses latihan, tidak semua anak senang saat berada dalam posisi tengkurap, bahkan tak sedikit yang akhirnya menangis, dan kondisi ini normal terjadi. Untuk mengatasinya, moms bisa mengurangi waktu tengkurapnya. Jadi, tidak perlu memaksakan Si Kecil untuk langsung bisa tengkurap selama 3 menit ya.

Gunakan cermin

Di sela-sela latihan, cobalah untuk menggerakkan cermin di hadapan Si Kecil hingga ia mengikuti pantulan dirinya. Ketika gerakannya sudah mulai lancar, moms bisa menggerakkan cermin perlahan-lahan ke atas untuk melatih kemampuannya mengangkat kepala.

Letakkan mainan dekat bayi

Agar anak tetap nyaman selama tengkurap, moms bisa juga menaruh mainan bayi di depannya dan menggerakkan mainan Si Kecil untuk mengalihkan perhatiannya. Cara melatih anak tengkurap seperti ini dinilai bermanfaat dalam melatih otot leher dan lengannya yang bergerak mengikuti arah mainan.

Berikan alat bantu

Untuk melatih anak tengkurap sendiri, moms dapat memberikan alat bantu, seperti meletakkan guling atau bantal kecil miliknya di bawah dada. Namun pastikan bantal tidak menutupi mulut dan hidungnya.

Dari beberapa cara melatih anak tengkurap di atas, hal penting yang perlu Bunda lakukan juga adalah selalu ajak Si Kecil berinteraksi, baik dengan saling menatap mata, menyapa, membuat suara dan ekspresi, atau menyanyikan lagu agar suasana terasa lebih nyaman dan seru.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar