Selasa, 28 Juli 2020

Kaki Bengkak Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya

Sebagian wanita hamil dapat mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu atau edema. Pembengkakan pada kaki tak jarang membuat ibu hamil tak nyaman dan sulit beraktivitas. Bagaimana mengatasinya? Berikut ini beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil:

1.      Hindari berdiri terlalu lama dan menyilangkan tungkai.

Bila memungkinkan, duduk dengan posisi mengangkat kaki dan secara teratur putar pergelangan kaki. Ibu juga dapat duduk di bawah dan mempertahankan tungkai pada posisi lebih tinggi.

2.      Berbaring miring ke kiri.

 Dalam posisi ini, tekanan pada vena cava inferior, yaitu pembuluh darah besar yang dilewati darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, berkurang. Anda bisa meletakkan  bantal di bawah tungkai untuk menjaga posisinya lebih tinggi.

3.      Kompres Air Dingin di Area yang Bengkak

Saat kaki sudah bengkak, ada baiknya moms kompres dengan air dingin. Kompreslah pada area kaki yang bengkak secara merata.

4.      Minum air putih dalam jumlah cukup.

Minum banyak air putih memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk ibu hamil, mengkonsumsi air putih bisa membantu menghilangkan retensi air pada tubuh.

5.      Lakukan aktivitas fisik yang rutin

Aktivitas seperti berjalan mengeliling lingkungan rumah, bersepeda, atau berenang. Jika kaki moms sudah terlanjur bengkak, olahraga renang adalah cara yang tepat untuk menyembuhkannya.

6.      Relaksasi Kaki

Jika dibutuhkan, relaksasi kaki juga bisa dilakukan untuk atasi bengkak di kaki saat hamil. Setiap sehabis berkegiatan, moms bisa melakukan pijat kaki hingga pangkal paha. Hal ini buat moms jadi lebih rileks dan dapat mengurangi otot yang kencang di kaki.

Dengan melakukan cara-cara atasi kaki bengkak saat hamil di atas, bisa buat moms lebih nyaman untuk beraktivitas setiap harinya. Hindari juga aktivitas yang dapat memicu stress, hal ini dilakukan agar tubuh moms tetap relaks.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar