Rabu, 22 Juli 2020

Jangan Sembarang Mengombinasikan ASI dengan Susu Formula! Ini Aturannya

Moms pastinya ingin selalu memberikan makanan terbaik untuk bayi, yaitu ASI. Namun dalam beberapa kondisi, moms tak bisa melakukan ASI eksklusif kepada buah hati. Susu formula menjadi pelengkap nutrisi yang tepat untuk bayi di bawah 6 bulan.

Tak jarang moms memilih untuk mengombinasikan antara ASI dan Susu Formula karena ASI yang masih keluar walau tidak banyak. Nah, untuk mengombinasikan susu formula dan ASI tidak boleh sembarangan, simak aturannya ini.

Kombinasi dengan sufor diperbolehkan ketika ASI tidak mencukupi

Tak semua ibu dapat menghasilkan ASI yang banyak pasca melahirkan. Padahal, bayi memerlukan asupan makanan dan nutrisi yang cukup untuk masa pertumbuhannya. Untuk memenuhi pasokan makanan bayi, ibu bisa mengombinasikan penggunaan susu formula terhadap si kecil.

ASI dan sufor tidak bisa dicampur langsung

Terkadang, banyak ibu yang salah mengartikan maksud mengombinasikan ASI dan susu formula. Kombinasi bukan berarti mencampur ASI dan sufor dalam satu botol ataupun wadah yang sama. Melainkan mengatur waktu pemberian dan takaran kedua jenis susu tersebut dalam satu hari.

Kombinasi susu dilakukan ketika ibu mengalami kurang istirahat

Untuk ibu bekerja harus mengejar stok ASIP sebelum kembali beraktivitas. Kurangnya istirahat ini bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental ibu baru. Memberikan selingan susu formula di antara pemberian ASI menjadi salah cara untuk mengatasinya.

Sufor digunakan ketika ibu tidak sempat memerah ASI

Pemberian ASI dihentikan bukan karena masalah kesehatan ibu. Namun, ibu tak sempat memerah atau memompa payudara selama beraktivitas. Mau tidak mau, ibu harus mengombinasikan pemberian ASI dengan susu formula ketika pasokan ASIP tak mencukupi.

Metode kombinasi ini dilakukan saat ibu sakit keras

Dalam kondisi sakit, moms juga tidak disarankan untuk memberikan ASIP kepada si kecil. Hal ini disebabkan kandungan gizi ASI berkurang dan khawatir terpapar obat-obatan yang dikonsumsi. Untuk itu, ibu diperbolehkan memberikan susu formula sebagai gantinya selama sakit.

Ingat, kalau ASI adalah makanan utama dan terbaik untuk si kecil. Tetap berusaha untuk memberikan ASI untuk si kecil. Gunakan sufor bila ada kondisi darurat saja dan jangan lupa untuk konsultasikan kepada dokter anak dan ahli gizi terlebih dahulu.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar