Senin, 20 Juli 2020

Cara Penanganan Diare pada Ibu Hamil

Jika ibu sedang hamil, maka rasa tidak nyaman ini semakin mengganggDiare saat hamil sebenarnya umum terjadi. Perubahan hormon dan asupan makan disebut-sebut penyebab diare saat hamil. Selama hamil, kamu mungkin beberapa kali mengalami diare.

Kondisi ini kerap terjadi saat trimester ketiga kehamilan, karena masa ini merupakan masa-masa rentan ibu hamil dan sedang menunggu persalinan. Untuk itu, ketahui cara penanganan diare saat hamil yang bisa moms lakukan di rumah:

a)    Konsumsi Makanan yang Netral

Untuk meredakan diare saat hamil, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang netral atau makanan tanpa bumbu yang kuat seperti merica, cabai, santan, atau bumbu masakan lain. Coba untuk konsumsi sayuran bening dan ikan yang diolah tanpa bumbu yang kuat. Sup ayam dengan tahu juga jadi pilihan baik untuk ibu hamil yang sedang diare.

b)   Minum Air Kelapa

Karena tidak diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan untuk menghentikan diare, maka ada baiknya ibu hamil menggunakan cara alami untuk mengatasi diare. Ibu hamil bisa mencoba konsumsi air kelapa karena minuman sehat ini berfungsi untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang terbuang dan mencegah dehidrasi. 

c)    Berhenti Minum Susu dan Kopi

Selama mengalami diare, sebaiknya ibu hamil menghentikan konsumsi susu sementara waktu. Susu dapat memberikan sensasi mual, ingin muntah, dan keinginan untuk buang air terus-menerus. Sama halnya dengan susu, ada baiknya juga menghindari kopi.

Kandungan kafein dalam kopi bisa memperburuk rasa mual di perut ataupun sensasi melilit. Selama alami diare, pastikan kamu hanya konsumsi air putih hangat atau teh manis hangat untuk meredakan rasa sakit dan memberikan sensasi hangat di badan.

d)   Hindari Konsumsi Buah Buah

Mengonsumsi buah juga memberikan dorongan untuk buang air terus. Buah mengandung serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Namun, kondisi ini tidak selamanya terjadi pada semua ibu hamil. Pada beberapa kasus, ibu hamil merasa nyaman mengonsumsi buah-buahan saat diare. Kalau memang ibu tidak bisa lepas dari buah-buahan, pisang adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi saat diare. 


Bila Moms sudah mempraktikkan beberapa cara di atas namun tak lekas sembuh, bahkan intensitas diare semakin parah lebih dari 3 hari, maka Moms perlu segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter.

SUSU ALMOND BUBUK NEWDRINKING

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar