Senin, 20 April 2020

Panduan Jadwal Pemeriksaan Kehamilan Selama Pandemi Virus Corona


Para dokter kandungan, membuat aturan baru tentang jadwal pemeriksaan kehamilan yang harus dijalani oleh ibu hamil di masa pandemi COVID-19. Perubahan jadwal pemeriksaan ini dilakukan untuk mengurangi kunjungan ibu hamil ke rumah sakit, karena risiko penularan virus Corona di rumah sakit cukup tinggi.

Meskipun pemeriksaan kehamilan tidak sesering biasanya, namun melalui pemeriksaan ini, dokter dapat mengetahui bila ada gangguan atau komplikasi dalam kehamilan dan bisa segera mengatasinya.

Berikut ini adalah jadwal pemeriksaan kehamilan yang dianjurkan selama pandemi virus Corona:

1.    Trimester pertama
Pada trimester pertama, ibu hamil cukup menjalani satu kali pemeriksaan kehamilan, yaitu saat usia kandungan 11–13 minggu. Dalam kunjungan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan USG dan tes darah untuk mendeteksi kelainan yang mungkin dialami oleh ibu hamil dan janin.
Namun, jika pernah mengalami kehamilan ektopik, Bumil disarankan untuk langsung memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan. Buat dulu janji konsultasi dengan dokter, sehingga Bumil tidak perlu mengantre lama di rumah sakit.
2.    Trimester kedua
Selama kehamilan trimester kedua, Bumil hanya perlu melakukan kunjungan ke dokter satu kali untuk melakukan pemeriksaan USG kehamilan, tepatnya pada usia kandungan 20 minggu.
3.    Trimester ketiga
Jadwal pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil trimester ketiga harus lebih sering lagi karena sudah mendekati waktu persalinan. Jadwal pemeriksaan kehamilan di trimester ini adalah sebagai berikut:
·         Satu kali di usia kehamilan 28 minggu
·         Satu kali di usia kehamilan 32 minggu
·         Satu kali di usia kehamilan 36 minggu
·         Seminggu sekali sejak usia kehamilan 37 minggu sampai waktu persalinan tiba


Selama di rumah, Bumil bisa memantau detak jantung janin secara rutin menggunakan stetoskop Laeneck atau Doppler yang bisa didapatkan di toko alat kesehatan. Dan jangan lupa selalu minum susu almond by NEW DRINKING. Karena kandungan dalam almond bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami
 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar