Senin, 27 April 2020

Macam - Macam Penyebab Puting Gatal Saat Menyusui


Menyusui seharusnya menjadi kegiatan yang baik untuk mempererat ikatan batin antara ibu dan anak. Namun, beberapa ibu justru tidak betah melakukannya berlama-lama karena merasakan gatal yang luar biasa di puting. Anak pun mungkin jadi tidak bisa mencukupi kebutuhan makannya.

Yuk, cari tahu dulu apa yang menyebabkan puting gatal saat menyusui plus cara mengatasinya.
1.    Kulit moms sensitif
Keluhan puting gatal saat menyusui kerap dialami oleh ibu yang memiliki jenis kulit sensitif. Ini mungkin dapat diperparah dengan gesekan antara kulit puting dan pakaian serta isapan bayi saat menyusu.
Gesekan bahan dan isapan mulut bayi dapat menyebabkan jaringan puting yang memang sensitif jadi makin mudah teriritasi dan kering, sehingga akhirnya terasa gatal.
2.    Infeksi jamur
Infeksi jamur juga bisa jadi penyebab puting gatal saat menyusui, bahkan mungkin juga terasa nyeri. Gejala lainnya meliputi kulit puting mengering dan tampak kemerahan.
Keluhan ini bisa bertambah buruk seiring waktu jika tidak cepat ditangani. Terutama jika moms juga termasuk orang yang sering berkeringat.
3.    Mastitis
Ada satu penyebab puting susu gatal yang khas hanya terjadi pada ibu menyusui, yaitu mastitis.
Masitis adalah infeksi bakteri yang menyerang jaringan dalam payudara. Selain menimbulkan gatal, mastitis membuat payudara terasa lebih hangat, terasa nyeri, kemerahan bahkan bengkak. Ibu menyusui juga bisa mengalami demam tinggi karenanya.

Itulah 3 macam penyebab putting gatal saat menyusui. Payudara yang gatal bisa disebabkan oleh banyak faktor berbeda pada setiap orang. Untuk mendapatkan hasil lebih baik, Anda disarankan untuk memeriksanya ke dokter.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar