Jumat, 24 April 2020

Bahaya yang Bisa Dialami Anak Akibat Gigi Berlubang


Gigi berlubang pada anak sebaiknya tidak disepelekan, ya, moms. Pasalnya bukan hanya bisa menyebabkan nyeri atau gigi copot, tapi juga bahaya lain yang lebih serius. Yuk, ketahui apa saja bahaya yang dapat mengintai akibat gigi berlubang.

a)     Sakit Gigi
Biasanya, sakit gigi belum terasa saat lubang di gigi baru terbentuk. Rasa sakit yang hebat pada gigi umumnya muncul ketika lubang semakin membesar. Sakit gigi akibat gigi berlubang bisa membuat anak sulit mengunyah dan akhirnya jadi tidak mau makan

b)     Gigi patah atau copot
Gigi berlubang yang tidak ditangani berisiko membuat gigi tersebut patah, keropos, bahkan hingga copot seluruhnya. Gigi yang copot juga bisa membuat posisi gigi lain menjadi bergeser dan berantakan. Selain itu, bentuk gigi tampak tidak beraturan dan kehitaman.

c)      Abses gigi
Abses gigi bisa terbentuk pada gigi berlubang yang dibiarkan begitu saja. Abses gigi merupakan bejolan berisi nanah pada akar gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pembengkakan akibat kondisi ini bisa terasa sangat nyeri. Tidak hanya itu, bakteri pada gigi yang bolong juga bisa menyebar ke dinding rongga sinus dan menyebabkan sinusitis.

d)     Rusaknya calon gigi tetap
Gigi tetap biasanya baru mulai tumbuh saat anak berusia 6 tahun. Jika gigi berlubang terjadi pada gigi susu, benih gigi tetap yang terletak di bawahnya bisa menjadi lebih rapuh, gigi tetap juga bisa memiliki warna kuning kecoklatan yang tampak tidak sehat.

Gigi berlubang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan anak secara umum, serta 
mengganggu kenyamanan, konsentrasi belajar, dan penampilannya. Oleh sebab itu, penting bagi moms untuk membiasakan Si Kecil rutin menyikat gigi 2 kali sehari. Untuk anak berusia di bawah 6 tahun, gunakan pasta gigi anak-anak yang rendah fluoride, ya, moms. Batasi konsumsi makanan dan minuman manis pada Si Kecil.

Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar