Jumat, 06 Maret 2020

Cara yang Tepat Untuk Menggendong Bayi Sesuai Usia

Hasil gambar untuk gendong bayi
Menggendong bayi haruslah dilakukan dengan benar supaya tidak mengganggu fungsi dan struktur tubuhnya. Untuk itu, menggendong harus disesuaikan dengan usia bayi tersebut. Ikuti cara-caranya berikut ini, mom:
·        Usia 0-2 bulan
Bayi baru lahir hingga usia 2 bulan belum mampu menopang kepalanya sendiri. Jadi, momy harus selalu menopang kepala hingga leher bayi. Caranya, selipkan satu tangan di bawah kepala dan leher bayi dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas, sedangkan tangan lainnya digunakan untuk menopang punggung hingga pantat bayi.
Setelah itu angkat dan posisikan bayi di dada momy. Secara perlahan, ubah posisi menggendong dengan cara menopang bagian kepala, leher, dan punggung bayi dengan satu lengan. Tangan lainnya membentuk sudut siku dan gunakan untuk menopang kepala bayi.
·        Usia 3-4 bulan
Di usia ini bayi sudah mulai mampu mengangkat kepalanya. Momy bisa sesekali menggendong bayi dengan posisi ia duduk menghadap ke depan, tapi tetap bantu topang kepalanya.
·        Usia 5-6 bulan
Bayi berusia 5 hingga 6 bulan sudah mampu menopang kepalanya sendiri, sehingga momy bisa menggendongnya dengan posisi duduk menghadap depan. Cara menggendong bayi lainnya di usia ini adalah dengan menyandarkan badan bayi ke bahu momy yang berfungsi untuk merangsang ia supaya semakin kuat mengangkat kepalanya.
·        Usia 7 bulan ke atas
Di usia 7 bulan ke atas, bayi mulai mampu mengangkat bahu dan kepala. Selain itu ia juga sudah mampu menahan kakinya ketika digendong dengan posisi tubuh tegak dan kakinya mulai bisa membuka lebih lebar. Posisi yang banyak dipakai untuk menggendong bayi di usia ini adalah dengan gendong menyamping di pinggang momy.

Nah, tidak susah kan, mom, cara menggendong bayi yang benar sesuai usianya? Satu hal yang penting, teruslah berlatih menggendong supaya momy lebih terbiasa dan mahir dalam melakukannya. Bahkan aktivitas ini bisa menjadi sangat menyenangkan, lho. Selamat mencoba ya, mom!
Nutrisi tambahan yang diformulasi khusus untuk Ibu hamil dan Ibu menyusui. Sudah mendapatkan banyak testimoni baik karena sangat terbukti membantu meningkatkan produksi ASI dan menjadi Booster ASI alami

 PESAN VIA WHATSAPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar